Terjadi 2 Fenomena Alam Januari 2023, ada Awan Piring Terbang di Turki dan Letusan Gunung Berapi

Awang Piring Terbang di Turki
Terjadi 2 Fenomena Alam Januari 2023, ada Awan Piring Terbang di Turki dan Letusan Gunung Berapi

HARRIS BARELANG

TURKI – Pada Januari tahun 2023, muncul fenomena alam dan kejadian alam berupa awan piring terbang dan letusan besar gunung berapi di tengah laut yang terpantau satelit.

Masyarakat di kota Bursa, Turki terkejut menemukan awan besar berwarna merah muda yang muncul di langit saat matahari terbit, dengan lubang besar di tengahnya.

Melansir dari DailyMail, awan besar ini dinamakan sebagai awan lenticular atau Altocumulus lenticularis yang artinya ‘seperti lensa’.

Awan lenticular merupakan awan yang terbentuk ketika udara stabil dan angin bertiup melintasi perbukitan dan pegunungan dari arah yang sama atau serupa pada ketinggian yang berbeda melalui troposfer.

Bentuk awan ini dapat dibilang menyerupai piring terbang, namun banyak orang yang beranggapan lain dan mengatakan bahwa bentuk awan ini bahkan menyerupai bentuk alat kelamin wanita atau Vagina.

Awan lenticular ini dibagikan oleh pengguna Twitter dengan nama akun @leylagibibirisi. Sumber mengatakan bahwa gambar ini difoto di atas Pusar Pelatihan Dirgantara Gokmen (GUHEM) di Bursa, Turki pada Kamis 19 Januari 2023 hari.

Awan yang dikenal dengan bentuk melengkung seperti piring terbang ini biasanya ditemukan di ketinggian sekitar 6.400 – 16.500 kaki. Menurut Mett Office, salah satu perusahaan prakiraan cuaca di Inggris mengatakan bahwa awan ini terkadang juga membentuk perbukitan.

“Bentuknya sangat mirip dengan piring terbang tradisional dalam fiksi ilmiah, dan awan lenticular asli diyakini sebagai salah satu penjelasan paling umum untuk penampakan UFO di seluruh dunia,” tambah perusahaan.

Menurut Mett, awan lenticular adalah tanda yang terlihat dari gelombang gunung di udara. Ketika udara bertiup melintasi pegunungan, dalam keadaan tertentu, ia dapat membentuk rangkaian gelombang besar yang berdiri di hilir udara seperti riak air yang terbentuk di sungai ketika air mengalir ke atas penghalang,” paparnya.

@wartakepri Dua #fenomena Alam Terjadi Awal Tahun 2023 FYP #letusangunung #awanlenticular nticular #turky #satelit #fyp #fypシ ♬ original sound wartakepri.co.id

Beberapa pemirsa yang terkejut mengunggah ke Twitter pagi ini untuk membahas awan aneh itu. Seorang pengguna men-tweet: ‘awan yoni raksasa terlihat di Turki’

Yoni adalah representasi gaya dari alat kelamin wanita yang dalam agama Hindu merupakan tanda kekuatan generatif dan melambangkan dewi Shakti, menurut Merriam-Webster .

Yang lain menambahkan: ‘Ini sangat menarik, seperti di film-film Alien.’

Letusan Gunung Berapi Terbesar

– Twitter Wonder of Science @wonderofscience –
Letusan gunung berapi terbesar yang pernah
terlihat dari luar angkasa, ditangkap
oleh dua satelit berbeda pada 15 Januari 2022.

Letusan gunung berapi terbesar
yang pernah terlihat dari luar angkasa

– Twitter Mike Doris @MikeDoris
Membalas @wonderofscience
Animasi satelit Himawari-8 dari Kepulan abu
awal dan gelombang kejut pada 15 Januari 2022
Masyarakat Meterologi Jepang

(*/voi.id/twitter)

Editor : Dedy Suwadha

FANINDO

Honda Capella