Tinjau Jalan Rusak, Rafiq: Infrastruktur Prioritas Utama Tunjang Perekonomian Masyarakat Kundur

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq meninjau beberapa ruas jalan dan jembatan serta plat duiker yang rusak akibat banjir pada beberapa waktu lalu, untuk segera diperbaiki.

“Terdapat beberapa ruas jalan di Desa Kundur, Kecamatan Kundur Barat yang amblas, akibat hujan dengan intensitas tinggi,” terang Rafiq saat melakukan peninjauan infrastruktur jalan dan jembatan di Pulau Kundur, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Kamis (27/4/2023).

Bupati Karimun Aunur Rafiq saat meninjau akses jalan dan jembatan yang rusak parah akibat banjir di Pulau Kundur, Tanjungbalai Karimun Kepulauan Riau.(Foto: Istimewa)

Tidak hanya itu saja, kata Bupati terdapat jembatan serta plat duiker yang rusak akibat banjir.

PKP EXPO

“Kita turun langsung meninjau 4 titik jalan dan jembatan yang dilaporkan rusak, salah satunya di Desa Kundur ini karena menjadi akses utama masyarakat,” ujar Bupati.

Bupati mengatakan, keseluruhan jalan dan jembatan yang rusak akan segera diperbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karimun.

“Perbaikan ruas jalan tersebut diperkirakan akan memakan waktu selama sebulan penuh,” ujarnya.

“Perbaikan fokus pada gorong-gorong dan saluran air. Kita akan sesuaikan lagi khususnya pada beton pres cetak (box culvert), guna mengantisipasi kuatnya arus air saat hujan deras,” kata Bupati.

Bupati juga menyampaikan permohonan maaf atas kerusakan yang terjadi. Pihaknya memastikan sarana dan prasarana penunjang lainnya, pembangunan infrastruktur menjadi fokus utama untuk konektivitas masyarakat.

“Saya sampaikan permohonan maaf, atas kerusakan infrastruktur ini, sehingga membuat masyarakat jadi sulit dan harus memutar akses jalan lebih jauh,” ucap Bupati.

Untuk itu kata Bupati peningkatan dan perbaikan akses jalan menjadi prioritas utama agar konektivitas masyarakat semakin mudah.

Pengerjaan pembangunan infrastruktur di Pulau Kundur akan melibatkan Dinas PUPR Kabupaten Karimun.(Foto: Istimewa)

“Sebagai komitmen pemerintah daerah Kabupaten Karimun untuk pemerataan pembangunan hingga ke pelosok,” paparnya.

Bupati menambahkan, infrastruktur jalan menjadi fokus dan komitmen pemerintah daerah Kabupaten Karimun untuk mendorong kemudahan akses sekaligus menunjang perekonomian masyarakat.

“Khususnya di Pulau Kundur, peningkatan akses jalan terus dilaksanakan hingga saat ini, tersebar di seluruh Kecamatan,” tandasnya.

Pembangunan infrastruktur jalan di masa kepemimpinan Bupati Karimun Aunur Rafiq hingga saat ini sudah mencapai 223,9 kilometer.(Aman/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24