Soal Turis Masuk Singapura Tanpa Buku Paspor Khusus Darat, Lewat Kepri Tetap

Singapura
Singapura Hari Ini. (Photo: Ist/net)
HARRIS BARELANG

SINGAPURA – Aturan baru akan berlaku di Singapura. Di mana para pelancong yang datang bisa masuk ke negeri itu tanpa paspor.Hal ini akan dimulai 2024 mendatang. Warga hanya perlu masuk menggunakan QR.

Secara rinci, teknologi ini dinamakan Automated Passenger In-Car Clearance System (APICS). Ini merupakan teknologi yang dikembangkan oleh Home Team Science and Technology Agency (HTX), yang uji coba langsungnya sudah dimulai tahun lalu.

Namun, aturan baru akan berlaku di semua loket untuk mobil di pos pemeriksaan Woodlands dan Tuas. Keduanya merupakan penghubung Singapura dan Malaysia.

“Ketika diimplementasikan sepenuhnya, sistem otomatis akan memungkinkan pelancong untuk melakukan ‘self-clearance’ dalam kenyamanan mobil mereka dengan intervensi minimal dari petugas,” ujar Otoritas Imigrasi dan Pos Pemeriksaan (ICA) ditulis Channel News Asia (CNA), dikutip Selasa (9/5/2023).

Secara rinci, pada tahap awal berlaku di 2024, proses izin masuk tetap akan dibantu petugas. Tapi, sebelum melakukan perjalanan, wisatawan diminta membuat profil dan membuat kode QR individu atau grup di aplikasi seluler MyICA, menggunakan detail dari Singpass atau paspor mereka.

BACA JUGA Perusahaan Singapura Berkunjung ke BP Batam, Minat kembangkan KEK Kesehatan dan Pariwisata

Di pos pemeriksaan, mereka dapat memindai sendiri kode QR di konter tanpa perlu menunjukkan paspor mereka kepada petugas imigrasi. Petugas kemudian akan melakukan ‘pemeriksaan citra wajah’ penumpang di dalam mobil menggunakan data yang diambil melalui kode QR.

“Ini akan memungkinkan izin grup diselesaikan lebih cepat dan mengurangi keseluruhan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan imigrasi,” kata ICA.

Sementara itu, menurut informasi Konsulat Singapura di Batam menyatakan kalau mengacu ke berita, maka itu untuk yang masuk perbatasan lewat darat Singapura dengan Malaysia. Untuk lewat atau Batam serta Kepri, atau turis lewat kapal ke Singapura sementara masih masuk pakai paspor.

Sementara ini hanya lewat darat sih kalau dari berita, belum kali (lewat laut). Nanti kalau ada statement dari ICA akan share.

Uji Coba

Melansir The Straits Times, Selama seminar rencana kerjanya di Singapore Expo pada hari Jumat (5 Mei 2023) , Otoritas Imigrasi dan Pos Pemeriksaan (ICA) mengatakan penghitung manual di semua ruang penumpang di pos pemeriksaan akan secara bertahap diganti dengan sekitar 800 jalur otomatis menggunakan ABC mulai kuartal pertama 2024.

Jalur ABCS akan menggunakan biometrik untuk izin, dan merupakan bagian dari konsep izin baru (NCC) ICA, yang diumumkan pada 2019.

Rencana transformasi NCC bertujuan untuk memberikan izin imigrasi dan Bea Cukai yang lebih cepat dan lebih aman. Sistem tersebut diuji coba di Tuas Checkpoint dan Terminal 4 Bandara Changi pada 2019.

Bagi mereka yang bepergian dengan mobil, ICA mengatakan telah menguji coba Automated Passenger In-Car Clearance System (Apics) pada tahun 2022, dan sekitar 94 persen pelancong dapat menggunakannya tanpa bantuan petugas.

ICA akan bekerja sama dengan Home Team Science and Technology Agency untuk lebih meningkatkan Apics sebelum meluncurkannya secara bertahap di pos pemeriksaan darat.(*/cnbc/kontan/dedy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG