Perwakilan Delegasi PPAN 2023, Rafiq: Siapkan Mental dan Fisik

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq mendukung penuh program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) dengan tujuan negara Singapura.

Hal tersebut diungkapkannya saat menerima delegasi Kepulauan Riau pada event Singapore – Indonesia Youth Leaders Exchange Program 2023, Fida Afifah Rahmah (27), di rumah dinas Bupati, Kamis (6/7/2023).

“Pemerintah daerah Kabupaten Karimun melalui Dinas Pemuda dan Olahraga mendukung penuh event Singapore – Indonesia Youth Leaders Exchange Program 2023,” terang Bupati.

Untuk itu, Bupati meminta kepada peserta perwakilan delegasi Kepulauan Riau, untuk mempersiapkan diri dengan baik.

“Persiapkan mental dan fisik dengan baik. Sehingga mampu belajar dengan keyakinan dan kesungguhan, bahwa semua bisa dilakukan jika kita punya usaha dan keinginan kuat,” ucap Bupati.

Bupati Karimun Aunur Rafiq saat menerima delegasi Kepulauan Riau pada event Singapore – Indonesia Youth Leaders Exchange Program 2023, Fida Afifah Rahmah (27), di rumah dinas Bupati, Kamis (6/7/2023).(Foto: Aman)

Besar harapan, kata Bupati agar dapat membawa nama baik daerah, khsusunya Kabupaten Karimun di kancah internasional.

“Mampu menginspirasi untuk dapat terus mengembangkan potensi dirinya, dengan skill dan ilmu yang dimiliki,” harap Bupati.

Sementara, pada kesempatan yang sama, Ketua DPD KNPI Kabupaten Karimun, Ganar Septyadi menyambut baik dan akan mensupport event Singapore – Indonesia Youth Leaders Exchange Program 2023.

“Terus menjalin kerja sama yang baik, sehingga dapat mempererat kedua negara, Indonesia dan Singapura pada pelbagai bidang kepemudaan,” ujarnya.

Pelbagai bidang kepemudaan tersebut kata Ganar meliputi pertukaran pemuda, pelatihan kepemimpinan dan keterampilan, olahraga, pariwisata, seni dan budaya serta kegiatan lain yang bermanfaat bagi pembangunan generasi muda antar negara.

“Merupakan program pengembangan potensi generasi muda untuk menambah khasanah pengetahuan dan wawasan serta mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks,” tandasnya.

Sementara itu, delegasi Kepulauan Riau pada event Singapore – Indonesia Youth Leaders Exchange Program 2023, Fida Afifah Rahmah menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Karimun dan juga DPD KNPI Kabupaten Karimun.

“Atas dukungan dan kontribusi serta do’a terhadap saya yang akan mewakili Provinsi Kepulauan Riau pada ajang Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) tahun 2023 ini,” kata Fida.

Sehingga nantinya kata putri pasangan dari Mujiono dan Sudarsinah ini, delegasi PPAN dan mewakili Provinsi Kepulauan Riau mampu mengetahui tentang pariwisata, sosial budaya, bahasa, program dan lainnya terkait Provinsi Kepulauan Riau.

Dapat menerapkan konsep atas ilmu yang telah didapatkannya di Kabupaten Karimun, termasuk pendidikan, seni dan budaya serta pariwisata.

“Sehingga mampu untuk mempromosikan Kepulauan Riau di negara Singapura, termasuk Kabupaten Karimun. Terutama budaya dan pariwisata yang ada di Kepri,” tutur Fida.

Putri pertama dari tiga bersaudara ini akan mengikuti Singapore – Indonesia Youth Leaders Exchange Program (SIYLEP) 2023, membawa nama besar Kepulauan Riau dan Indonesia dalam agenda internasional bersama rekan sejawatnya M. Faris Akbar asal Kota Batam.

Kedua pemuda dan pemudi asal Kepri tersebut mengikuti kegiatan Singapore – Indonesia Youth Leaders Exchange Program (SIYLEP) 2023, yang terkualifikasi dan telah lama aktif dalam pelbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat di Kepulauan Riau.

Program Singapore – Indonesia Youth Leaders Exchange Program (SIYLEP) 2023 sendiri akan berlangsung selama 8 hari, dimulai Pre Departure Training yang dilaksanakan di Jakarta, terhitung sejak tanggal 15 Juli sampai dengan tanggal 23 Juli 2023.

Dan selanjutnya akan dilaksanakan pada fase kedua di Indonesia, yang akan berlangsung di tahun 2024 mendatang.(Aman)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News