Polres Pasaman Barat Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Singgalang 2023

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, PASBAR – Wakapolres Pasaman Barat Kompol Chairul Amri Nasution memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Singgalang 2023 dalam rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas pasca pelaksanaan Hari Bhayangkara tahun 2023 dan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, yang dilaksanakan di Halaman Mako Polres Pasaman Barat, Senin (10/07/2023).

Apel gelar pasukan yang dimulai pada pukul 08.00 Wib ini dihadiri oleh Wakil Bupati Pasaman Barat H. Risnawanto, Ketua DPRD H. Erianto, Kajari Pasaman Barat diwakili Kasi Intel Hendri Setiawan, Kepala Dinas Perhubungan Bakarudin, Kepala Dinas Kesehatan Hajran Huda, Dandim 0305/Pasaman diwakili Danramil 02/Simpang Empat Kapten Inf. Sumidi, Kasat Pol PP Pasaman Barat Hendri Wijaya, Koordinator Basarnas Dhio U.F, Ketua Senkom Agus Almukrim, Ketua Orari Pasaman Barat Hendrizon.

Peserta upacara dari pleton perwira gabungan, pleton TNI dari Kodim 0305/Pasaman, pleton Satbrimobda Polda Sumbar, Pleton Sat Pol PP, Pleton Dishub, Pleton Senkom, serta Pleton Basarnas Pasaman Barat.

Dalam amanat Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki yang dibacakan Wakapoles Pasaman Barat menyampaikan bahwa permasalahan bidang lalu lintas di Sumatera Barat khususnya di Kabupaten Pasaman Barat, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis.

Lebih lanjut Wakapolres menjelaskan, digelarnya Operasi Patuh Singgalang 2023, saya mengharapkan jajaran lalulintas mampu mempersiapkan langkah-langkah antisipasi baik secara taktis maupun teknis agar potensi pelanggaran, kemacetan, serta kecelakaan yang terjadi dapat diminimalisir serta tidak menimbulkan gangguan yang dapat berpengaruh bagi kamseltibcarlantas, serta mewujudkan program pemerintah, bahwa Polri sebagai bagian dari penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik.

“Anggota Polri diharapkan bisa menjadi contoh dan tauladan terlebih dahulu dalam melaksanakan kegiatan kamseltibcarlantas sehingga akan diikuti oleh masyarakat pengguna jalan lainnya,” ujar Wakapolres dalam amanatnya.

Operasi Patuh Singgalang 2023 akan dilaksanakan selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 10 Juli sampai dengan tanggal 23 Juli 2023.

Pergelaran pasukan operasi Patuh tahun ini, Polri mengangkat tema “Patuh Dan Tertib Berlalu Lintas Cermin Moralitas Bangsa” dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta mewujudkan kamseltibcarlantas yang mantap.

Operasi yang diorganisir secara khusus dalam rangka pencegahan, penanggulangan dan penindakan terhadap gangguan kamseltibcar lantas, yang berimplikasi terhadap menurunnya angka pelanggaran lalu lintas, menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan korban fatalitas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Pola pelaksanaan Operasi Patuh Singgalang 2023 ini agar mengedepankan giat preemtif, preventif dan didukung pola gakkum lantas secara elektronik (statis dan mobile) serta larangan dakgar lantas secara stasioner dan gunakan blanko teguran tapi tetap ada efek tertib masyarakat dalam berkendaraan.

“Selain bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran, laka lantas dan angka fatalitas, Operasi Patuh Singglang 2023 diharapkan dapat menekan terjadinya perkara curanmor diwilayah hukum Polda Sumbar khususnya Polres Pasaman Barat dan apabila menemukan ranmor yang tidak dilengkapi surat- surat segera koordinasikan dengan reskrim untuk dapat dilakukan penyelidikan apakah ranmor tersebut hasil dari kejahatan pencurian dan atau penadahan,” sambung Kompol Chairul Amri.

Agar pelaksanaan Ops Patuh Singgalang 2023 ini berhasil dan sukses, Kapolres Pasaman Barat memerintahkan jajarannya untuk melibatkan unsur TNI dan Dinas Instansi terkait lainnya didalam operasi sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing agar operasi dapat terlaksana dengan baik dan mencapai target yang telah ditetapkan dalam rencana operasi.

Diakhir amanatnya, Wakapolres berpesan kepada personel yang bertugas untuk menghindari sikap prilaku dan tindakan yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku yang menyakiti hati masyarakat sehingga berdampak berkurangnya kepercayaan dan simpati masyarakat kepada polri khususnya polisi lalu lintas.

“Semoga Operasi Patuh Singgalang 2023 bisa bejalan dengan baik dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat tanpa menimbulkan dampak negatif,” tutup Wakapolres mengakhiri amanatnya.

Selesai pelaksanaan apel gelar pasukan Ops Patuh Singgalang 2023, Wakapolres bersama para tamu undangan mengecek ranmor dinas yang akan digunakan selama pelaksanaan Ops Patuh Singgalang 2023 di depan halaman Mako Polres Pasaman Barat. (*/r)

Kiriman:Taufik Chaniago

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG