Paska SYL Ditahan KPK, Surya Paloh Temui Presiden Jokowi di Istana

Presiden Jokowi dan Surya Paloh
Presiden Jokowi dan Surya Paloh


JAKARTA – Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh dikabarkan menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Jumat malam, 13 Oktober 2023. Pertemuan itu dibenarkan oleh Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana.

“Ya, ketemu,” kata Ari saat dikonfirmasi wartawan.

Menurut dia, pertemuan Surya Paloh dengan Presiden Jokowi berlangsung hampir sekitar satu jam. Namun, ia tidak mengungkap isi pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Surya Paloh.

“Pertemuan silaturahmi biasa. Jam 19.15 sampai dengan jam 20.00,” ujarnya.

Paloh sebelumnya juga pernah sempat menemui Jokowi di Istana pada akhir Agustus 2023. Saat itu, Paloh mengaku berbincang dengan Jokowi seperti teman.

Namun, manuver Paloh bertemu Jokowi di Istana kali ini dilakukan pasca mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo alias SYL ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dalam kasus dugaan korupsi pada Jumat, 13 Oktober 2023.

SYL merupakan kader Nasdem yang sebelumnya sudah ditetapkan sebagai tersangka Selain SYL, KPK juga menahan Direktur Alat dan Mesin Pertanian di Kementerian Pertanian, Muhammad Hatta.

Keduanya dilakukan penahanan selama 20 hari pertama mulai 13 Oktober 2023 sampai 1 November 2023. SYL dan Hatta digelandang KPK dengan memakai rompi oranye serta kondisi tangan diborgol.

BACA JUGA Syahrul Yasin Limpo Ditahan KPK 20 Hari Kerja, Dugaan Uang Mengalir ke Partai

SYL pun buka suara usai resmi ditahan KPK. Dia bilang dirinya akan berusaha mengikuti semua proses hukum yang ada. “Dan, tentu saja akan mengedepankan juga hak-hak saya secara aturan yang ada,” ujar SYL di Gedung Merah Putih KPK, Jumat 13 Oktober 2023.

Dengan status pesakitan SYL, kader Nasdem di Kabinet Jokowi kini hanya tersisa satu yaitu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. Sebelumnya, Jhonny G Plate yang jabat Menteri Komunikasi dan Informatika juga jadi tersangka. (vivanews)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News