Inflasi Kepri Terkendali, Berikut 12 Mitra Strategis BI Kepri Penerima Gurindam Award 2023

Berikut 12 Mitra Strategis BI Kepri Penerima Gurindam Award 2023
Berikut 12 Mitra Strategis BI Kepri Penerima Gurindam Award 2023


BATAM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri gelar Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2023 yang digelar di Hotel Marriot Harbour Bay Batam pada tanggal 29 November 2023. Kegiatan sama mengikuti paralel live dengan kegiatan Gubernur Bank Indonesia di PTBI di Jakarta. Di Kepri, kegiatan juga diisi dengan menyerahkan Gurindam Award 2023 ke 12 Mitra Strategis BI Kepri.

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri terus menunjukkan ketahanan dan prospek yang baik. Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Kepri pada 2023 tetap kuat pada kisaran 4,9% s.d. 5,7 % dan akan terus meningkat pada kisaran 5,1 % s.d. 5,9% pada tahun 2024.

Sementara itu, inflasi gabungan 2 kota di Kepri pada tahun 2023 diprakirakan berada pada rentang sasaran 3,0±1% dan menurun pada 2024 dalam rentang sasaran 2,5±1 %. Pencapaian ini tidak terlepas dari sinergi yang erat dan koordinasi kebijakan seluruh pemangku kepentingan melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dengan program Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) yang berkontribusi kuat pada terkendalinya inflasi.

Demikian disampaikan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2023 yang digelar di Hotel Marriot Harbour Bay Batam pada tanggal 29 November 2023, mewakili Kepala Pewakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri yang mengikuti PTBI di Jakarta.

Lebih lanjut, disampaikan bahwa perekonomian Indonesia sampai dengan triwulan III 2023, masih menunjukkan kinerja positif, yaitu dapat tumbuh sebesar 4,94% (year-on-year). Kinerja ekonomi yang positif tersebut juga diikuti oleh perekonomian Kepri yang mencatatkan pertumbuhan sebesar 4,88% (year-on-year) pada triwulan III 2023.

Perbaikan kinerja tersebut juga tercermin dari pertumbuhan ekonomi Kepri secara kumulatif sampai dengan triwulan III 2023 yang tercatat sebesar 5,47 % (c-to-c), lebih baik dibandingkan periode yang sama tahun 2022 sebesar 4,63% (c-to-c) dan tercatat sebagai pertumbuhan ekonomi kumulatif tertinggi di Sumatera.

Pencapaian ini didukung dengan tetap kuatnya pertumbuhan empat lapangan usaha utama di Kepri yaitu Industri Pengolahan, Konstruksi, Pertambangan dan Penggalian serta Perdagangan. Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tersebut terutama didorong oleh pertumbuhan investasi khususnya dalam negeri.

Inflasi global masih tetap tinggi sejalan dengan tingginya tekanan inflasi komoditas energi dan pangan global seiring kebijakan proteksionisme pangan di berbagai negara. Hal tersebut turut berdampak pada tetap tingginya suku bunga kebijakan global untuk meredam inflasi yang tinggi.

Inflasi yang terkendali ini tidak terlepas dari program GNPIP Kepri 2023 yang diluncurkan oleh Gubernur Kepri, Bapak Ansar Ahmad, di Kabupaten Lingga pada bulan Maret 2023 lalu dengan tema ” KEPRI BERSAHABAT (BERkolaborasi dalam StAbilisasi Harga dan pasokan Bahan pangan AnTar daerah) dengan 7 program unggulan dalam kerangka 4K, yaitu Keterjangkauan Harga, Kelancaran Distribusi, Ketersediaan Pasokan dan Komunikasi Yang Efektif. T PID baik di level Provinsi maupun Kabupaten/Kota, Satgas Pangan, Asosiasi, Pelaku Usaha dan pihak terkait turut berperan aktif dalam mengendalikan inflasi di daerah, khususnya dalam mendukung GNPIP sehingga inflasi bisa terkendali dilevel yang rendah dan stabil.

Kinerja perekonomian dan inflasi yang positif tersebut juga berdampak pada kesejahteraan masyarakat yang semakin membaik. Perbaikan tersebut terlihat dari indikator Tingkat Pengangguran Terbuka, Tingkat Kemiskinan dan Gini Rasio yang mengalami penurunan. Sementara iłu, Indeks Pembangunan Manusia juga tercatat mengalami peningkatan di tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya.

Berlanjutnya perbaikan kinerja perekonomian sepanjang tahun ini juga diikuti dengan peningkatan volume transaksi non tunai khususnya pembayaran secara digital. Kebiasaan masyarakat untuk bertransaksi secara non tunai yang terakselerasi selama pandemi terus berlanjut, tercermin dari penambahan pengguna baru, pertumbuhan volume dan nominal transaksi, serta jumlah merchant QRIS.

Selain iłu, akselerasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) khususnya dalam pembayaran pajak dan retribusi menggunakan QRIS juga turut berkontribusi pada peningkatan tersebut. Dalam catatan kami, seluruh Pemda di wilayah Kepri telah mencapai tahap ETPD tertinggi yaitu Digital.

Ke depan, pencapaian ini akan terus dipertahankan untuk mewujudkan efisiensi, efektivitas dan transparansi tata kelola keuangan pemerintah melalui infrastruktur pembayaran yang aman dan handal.

Penyusunan strategi untuk mengatasi tantangan yang semakin berat ke depan adalah sebuah keniscayaan.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kepri dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, Drs. Adi Prihantara, MM., juga menyampaikan optimisme bahwa perekonomian Kepri ke depan dapat terjaga dengan baik.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan sinergi yang kuat antara Pemerintah Provinsi Kepri dengan seluruh pemangku kepentingan termasuk Bank Indonesia Kepri khususnya dalam menjaga stabilitas harga.

Sinergi program kerja yang akan terus diperkuat ke depan antara lain dalam GNPIP dan Pengembangan UMKM potensial di Kepri.

Melalui kesempatan yang sama, Bank Indonesia juga memberikan penghargaan Gurindam Award tahun 2023 kepada 12 mitra strategis yang berasal dari instansi, perbankan, korporasi, dan UMKM sebagai apresiasi atas dukungannya dalam mendukung pelaksanaan tugas Bank Indonesia sepanjang tahun 2023.

BACA JUGA Takshow BI Kepri antisipasi Money Politic di Bisnis KUPVA BB, Ada Caleg Tukar Uang Mencurigakan Lapor PPATK

Penghargaan ini juga merefleksikan jalinan sinergi antara Bank Indonesia dan para mitra strategis dalam memperkuat ketahanan dan kebangkitan ekonomi di Provinsi Kepri.

Kategori: Penerima Gurindam Award 2023

1. KUPVA BB Terbaik Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2023: PT Geren Batam Valas

2. Penyedia Jasa Pembayaran Layanan Remitansi (PJP LR) Terbaik Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2023: PT Buru Jaya Remitansi

3. UMKM Orientasi Ekspor Binaan Terbaik Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2023: PT Inggita Aryanta Inastu (Prana Living)

4. UMKM Digital Binaan Terbaik Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2023: PT Althafunnisa Fawwaz Indonesia

5. UMKM Pendukung Pariwisata Binaan Terbaik Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2023: Azzuri

6. Mitra Strategis Terbaik dalam Pengembangan Ekonomi Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2023: PT Kinema Systrans Multimedia

7. UMKM Syariah Binaan Terinovatif Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2023: Novia Sukijo

8. Unit Usaha Pondok Pesantren Binaan Pendukung Program Ekonomi Syariah Terbaik Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2023: Ponpes Al-Kautsar Batam

9. Mitra Strategis Pendukung Komuninasi Kebijakan Bank Indonesia di Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2023: Tribun Batam

10. Bank dengan Distribusi dan Layanan Kas Uang Rupiah Terbaik Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2023: PT Bank Central Asia, Tbk

11. Mitra Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah Terbaik Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2023: Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau

12. Mitra Strategis Pendukung Asesmen Ekonomi dan Keuangan Daerah Terbaik Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2023: Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau.

Editor : Dedy Suwadha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News