Bupati Pasaman Sabar AS Tinjau Sanitasi Padang Gelugur untuk Meningkatkan Pola Hidup Sehat

Bupati Pasaman Sabar AS Tinjau Sanitasi Padang Gelugur
Bupati Pasaman Sabar AS saat meninjau sanitasi di Padang Gelugur (taufik)


PASAMAN – Bupati Pasaman, Sabar AS, memanfaatkan hari libur nasional untuk tetap berada di tengah masyarakat meninjau sanitasi.  Peninjauan dilakukan bersama dengan organisasi perangkat Daerah (OPD), Camat Padang Gelugur, dan jajaran,   di pemukiman padat penduduk di Nagari Padang Gelugur, Kecamatan Padang Gelugur, Pasaman, Sumatra Barat, pada Jumat (9/2/2024).

Sabar AS, saat berada di sungai yang mengalir di tengah pemukiman warga Padang Gelugur, mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. “Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) harus ditingkatkan,” ungkap Sabar AS.

Kebersihan sanitasi di lingkungan warga ini dianggap mampu mencegah penyakit menular dan gangguan kesehatan lainnya. “Kita tidak ingin wabah penyakit menular terjadi di pemukiman ini,” terang Sabar AS.

BACA JUGA: WNI di Luar Negeri Mulai Mencoblos: Berikut Jadwal Pemilu di Luar Negeri

Menjaga kebersihan sanitasi ini penting, terang Sabar AS saat berdialog di tengah masyarakat selama kunjungan tersebut. Hal ini dapat mencegah bau tidak sedap dan menghindari pencemaran.

Dalam rangka menjamin kebersihan sanitasi ini, Sabar AS meminta Camat, Wali Nagari, dan tokoh masyarakat untuk melaksanakan langkah nyata dengan mengadakan gotong royong untuk membersihkan aliran air yang melintasi perumahan warga tersebut.

“Pelaksanaan gotong royong bersama, penanganan sampah, fogging, dan pemetaan masalahnya harus dilakukan agar ke depan air ini tetap bersih. Jika membutuhkan bantuan dari OPD terkait seperti PU dan lainnya, silahkan dihubungi,” perintah Sabar AS.

BACA JUGA: Ini Kata Anies Baswedan Soal Pilihan JIS Tempat Kampanye Terakhir

Puskesmas setempat bersama masyarakat harus bersatu untuk memberantas penyakit masyarakat. Keterlibatan masyarakat dalam memelihara dan menjaga kebersihan sanitasi di lingkungannya sangat diharapkan.

“Yang penting adalah peran serta masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan mereka,” tegas Sabar AS.

Sebagai contoh pentingnya kesadaran masyarakat, kita dapat melihat di Gajahwong, Kelurahan Giwangan, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta.

“Kita bisa belajar dari apa yang ada di kawasan Kali Gajah Wong, Yogyakarta. Di sana kesadaran masyarakat sangat tinggi dalam mengelola lingkungan. Awalnya hanya sebuah kali, namun kemudian dikelola oleh masyarakat menjadi obyek wisata selokan yang dipenuhi ikan.

BACA JUGA: Tentara Israel Serbu Rumah Sakit Al-Amal di Gaza, 8 Staf Medis Ditangkap

Ini menjadi tugas bersama kita untuk berkomitmen dalam mengembangkan sanitasi yang juga berpotensi menjadi kawasan wisata,” ungkap Bupati Sabar AS. (Taufik Chaniago)

Editor: Denni Risman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News