Menuju Batam Kota Modern: Meningkatkan Literasi Digital Masyarakat

Menuju Batam Kota Modern: Meningkatkan Literasi Digital Masyarakat
Kepala BP Batam Muhammad Rudi dalam acara "Digital Marketing Strategy in Political Years" di Palm Springs Golf pada Rabu (21/2/2024).
HARRIS BARELANG

BATAM – Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, menekankan pentingnya meningkatkan literasi digital masyarakat seiring dengan perkembangan Kota Batam menuju kota modern.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri acara literasi digital yang bertajuk “Digital Marketing Strategy in Political Years” di Palm Springs Golf pada Rabu (21/2/2024).

Muhammad Rudi menyambut baik terselenggaranya kegiatan Literasi Digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bersama Sinarmas Group. Dia menggarisbawahi bahwa tantangan di dunia digital semakin besar, dengan munculnya konten-konten negatif dan meningkatnya kejahatan digital.

BACA JUGA: Negara Eropa Lirik Batam sebagai Destinasi Investasi

“Peningkatan literasi digital merupakan tugas bersama kita untuk menjaga keselamatan dan kesejahteraan masyarakat di era digital ini,” ujar Muhammad Rudi.

Dia menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur di Kota Batam, termasuk di Kecamatan Nongsa, sedang giat dilakukan untuk mencapai status sebagai kota modern. Namun, pertumbuhan infrastruktur harus diimbangi dengan peningkatan kecakapan digital masyarakat.

Muhammad Rudi mengingatkan tentang munculnya konten-konten negatif, khususnya hoaks, yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan masyarakat, terutama saat memasuki tahun politik. Oleh karena itu, literasi digital menjadi kunci untuk mengurangi dampak negatifnya.

BACA JUGA: Proses Sosialisasi Rempang Eco City Terus Berjalan; Jumlah Warga yang Mau Pindah Bertambah

“Melalui literasi digital, kita dapat meminimalkan penyebaran konten negatif dan mengisi ruang digital dengan konten-konten yang positif dan bermanfaat,” tambahnya.

Muhammad Rudi menegaskan bahwa literasi digital merupakan tanggung jawab bersama, di mana pemerintah membutuhkan dukungan penuh dari masyarakat untuk mencapai target literasi digital yang lebih baik.

Dia berharap bahwa gerakan literasi digital akan terus berkembang, mendorong inisiatif baru, dan membuat masyarakat semakin mahir dalam memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif.

Muhammad Rudi juga mengajak agar internet dapat menjadi alat yang meningkatkan produktivitas masyarakat, mendukung UMKM dalam bertransformasi ke ranah digital, dan memberikan nilai tambah bagi semua lapisan masyarakat.

“Dengan visi tahun 2029 sebagai Kota Batam yang modern dan bebas dari hoaks, kita perlu bersatu untuk mewujudkannya, karena Kota Batam yang modern adalah milik kita semua,” pungkasnya. (*)

Sumber: BP Batam

Editor: Denni Risman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG