Kunjungan Kapal ke Pelabuhan Batam Meningkat: Indikator Positif bagi Pertumbuhan Ekonomi

Kunjungan Kapal ke Pelabuhan Batam Meningkat: Indikator Positif bagi Pertumbuhan Ekonomi
Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam mencatat peningkatan kunjungan kapal ke Pelabuhan Batam (ilustrasi/foto dennirisman)
HARRIS BARELANG

BATAM – Badan Usaha Pelabuhan (BP) Batam, Kepulauan Riau, mencatat peningkatan signifikan dalam jumlah kunjungan kapal ke Pelabuhan Batam selama Triwulan I Tahun 2024.

Direktur BP Batam, Dendi Gustinandar, mengumumkan bahwa terdapat peningkatan sebesar 9 persen dalam jumlah frekuensi berlayar (call) kapal, mencapai 24.818 kunjungan.

Selain itu, dari sisi Tonase Kotor (Gross Tonnage/GT), tercatat peningkatan sebesar 15 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, mencapai 12.198.068 GT.

“Dari kapal barang hingga kapal penumpang, semuanya aktif berkegiatan di wilayah kerja BP Batam,” ujar Dendi Gustinandar.

Peningkatan kunjungan kapal ini menegaskan bahwa Pelabuhan Batam tetap menjadi gerbang utama bagi arus barang dan penumpang, baik dari dalam negeri maupun internasional.

Menurut Dendi Gustinandar, peningkatan ini menjadi indikator positif bagi perkembangan ekonomi Batam.

“Semakin banyaknya kapal yang melintasi perairan Batam menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang dinamis, dengan meningkatnya aktivitas pengangkutan barang dan penumpang,” ungkapnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG