13 Tips Liburan Bisa Murah dan Aman ke Singapura Melalui Kota Batam

2007

IMG_20140923_131749 suasana MTR di Singapura Warta Kepri

BATAM, WARTA KEPRI.CO.ID – Punya pasport tapi belum pernah keluar negeri, mungkin coba berlibur ke Singapura bisa dilakukan baik secara perorangan maupun rombongan. Langkah mudah dan murah serta aman berlibur ke Singapura adalah dengan masuk melalui Kota Batam Provinsi Kepri.

Liburan Natal dan Tahun Baru sudah didepan mata, sudah saatnya untuk Anda bersiap-merencanakan liburan bersama teman, kekasih atau bersama keluarga Anda.

Honda Capella

Bagi Anda yang tinggal di Wilayah Pulau Jawa, mungkin pilihan membeli tiket langsung ke Singapura dengan harga dollar akan diberlakukan. Tentu harga tiket yang didapat bisa lebih mahal atau sama dengan perjalanan udara dari Jakarta menuju Batam.

Begitu juga, Anda yang saat ini berdomisili di wilayah Sumatera, satu-satunya pintu masuk yang murah dan cepat terbang dari Kota Anda menuju Pulau Batam.

Sebagai pertimbangan bagi Anda jika ingin berkunjung ke Singapura, berikut ada beberapa ringkasan tulisan tips-tips yang bisa Anda cermati.

1. Bookinglah tiket pesawat Jakarta – Batam – Jakarta. Pilihan bisa Lion Air Atau Citylink. Usahakan mencari penerbangan yang paling pagi dari Jakarta.

2. Setelah Anda sampai di Bandara Hang Nadim Batam, Anda bisa langsung ke tempat penyebrangan Ferry (Batam Center), dengan jarak tempuh sekitar 30 menit. Batam Center merupakan tempat penyebrangan Ferry ke Singapura dengan jadwal keberangkatan yang cukup banyak (hampir 1 jam sekali), saat ini ada 3 perusahaan yang melayani rute penyebrangan ini : Batam Fast , Sindo Ferry dan Wave Master. Jika Anda ingin sedikit berhemat, Anda bisa membeli tiket ferry promo di money changer yang ada di Mega Mall (seberang ferry terminal Batam Center), harga kisaran SGD $ 30-an (PP/ORANG) sudah termasuk port tax Batam dan Singapore.(harga tiket bisa berubah)

3. Harga taksi dari Bandara Ke Batam Center sekitar Rp 75.000 s/d Rp 100.000

4. Letak Pelabuhan Batam Center tepat di depan (disebrang) Batam Center Mall, jadi jika Anda butuh untuk mengisi perut Anda, Batam Center Mall bisa menjadi Alternatif tempat untuk mencari makan siang Anda

5. Setelah mengurus administrasi imigrasi di Batam Center dan Anda akan segera menyebrang dari Batam menuju kota Singa yang terkenal dengan surganya para shopperholics (Singapura).

6. Perjalanan dari Batam ke Singapura memakan waktu sekitar 1 jam. Anda suka mabuk laut? jangan takut, karena naik kapal cepat ini tidak akan terasa gelombang-gelombang laut, didukung tempat duduk yang sangat nyaman sehingga Anda bisa beristirahat sejenak di dalam Ferry ini selama perjalanan.

7. Anda akan tiba di Harbourfront Singapore, dan Anda harus melalui imigrasi terlebih dahulu. Negara Singapura sangat protect dengan Negaranya, jadi jangan marah jika Anda ditanya macam-macam oleh mereka. Yang biasa mereka tanyakan adalah tujuan kedatangan Anda, Tempat Anda menginap di Singapura, Di Indonesia kerja apa.

Jika mereka mencurigai Anda, maka Anda akan di suruh untuk melakukan sidik jari elektronik (fingerprint) seluruh jari tangan Anda (10 jari). Anda sebaiknya mengisi form imigrasi Singapore dengan lengkap beserta alamat hotel tempat Anda akan menginap,

8. Apabila hanya satu hari saja Anda bisa mengisi sebagai “1 day Tour”.

9. Ada beberapa barang yang tidak boleh Anda bawa menuju ke Singapore yaitu CD/DVD bajakan, Rokok, Alcohol serta barang terlarang lainnya.

10. Setelah melewati imigrasi maka Anda sudah Sah untuk memasuki Singapura yang dikenal juga sebagai kota denda. Jadi apabila Anda melakukan kesalahan maka Anda akan di denda sesuai hukum yang berlaku disana, seperti membuang sampah sembarangan maka Anda juga akan didenda yang sangat besar apabila kita kurs kan dengan rupiah.

11. Pelabuhan Habourfront tersambung oleh mall yang terkenal di Singapura, yaitu vivo city. Mall ini tergolong baru dan sangat besar.

12. Jangan panik atau takut jika Anda baru pertama kali ke singapura, karena petunjuk2 untuk turis sangat banyak disana. Tujuan utama jelas ke Patung Singapura.

13. Untuk transportasi Anda bisa menggunakan MRT atau Bis yang rute-rutenya hampir menyebar ke seluruh kota. Anda bisa membeli EZlink Card, kartu ini semacam kartu isi ulang dan bisa di refund (dikembalikan) jika Anda masih mempunyai saldo. Minimal pembelian kartu ini SGD $ 15 ($ 5 untuk deposit non refundable, $ 10 untuk perjalanan Anda, refundable). Dan saldo SGD $10 akan berkurang otomatis ketika Anda menggunakan MRT atau bis.

12. Petunjuk rute MRT dan nomor bis bisa dilihat di map turis atau di masing-masing stasiun / halte. mrt 01

13. Jika ingin mencari pendamping, bisa dari jasa tour dan travel, atau kenalan Anda di Batam. Tentu, tiket Pergi dan Pulang menyeberang ke Singapura Anda tanggung, beserta
uang saku kisaran Rp 200-300 ribu, tidak Anda lupakan.

Demikian tips cara aman bagi Anda yang ingin berlibur dengan aman dan murah ke Singapura. Keuntungan lain, Anda juga bisa berlibur di Batam selepas dari Singapuran. Semoga  info ini bermanfaat, dan untuk konsultasi ke 081990867001 (dedy swd)

FANINDO