Indomaret Perangi Demam Berdarah dengan Fogging 1.000 Rumah di Sei Beduk Batam

277

BATAM, WARTAKEPRI.co.id  –  Untuk mencegah penyebaran penyakit Deman Berdarah Dengue (DBD) di Kota Batam Company Social Responsibility (CSR), Indomaret bekerjasama dengan SC Jhonson dan Dinas Kesehatan Kota Batam dalam hal ini diwakili oleh Puskesmas Sei Pancur, menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan fogging dengan tagline ‘Lawan Demam Berdarah Untuk Keluarga Kita’ melakukan fogging (pengasapan) di RW 12 Bida Ayu Kelurahan Mangsang Kecamatan Sei Beduk, Minggu (20/3/2016).

Sebelumnya di daerah ini memang terdapat beberapa warga yang terjangkit DBD. Sebelum melakukan fogging, bertempat di Toko Indomaret Bida Ayu puluhan warga menghadiri acara penyuluhan terkait pencegahan DBD dengan nara sumber Dr Edi Firmasyah dari Puskesmas Sei Pancur.

“Ini adalah adalah lanjutan dari agenda ‘Indomaret Berbagi’ jadi kami melanjutkan CSR kami di warga Bida Ayu, dimana kegiatan ini fokus dengan kesehatan,” ujar Kepala cabang Indomaret Batam, Fandika Susanto disela-selan kegiatan.

Dia melanjutkan, tim CSR Indomaret Batam sebelumnya sudah melakukan diskusi dengan Dinas Kesehatan untuk mendapatkan masukan daerah mana yang rawan terjangkit DBD.

“Dari hasil diskusi Tim kita, kami diberi pentunjuk di Bida Ayu ini. Sebenarnya kami mengagendakan fogging untuk 1.000 KK, cuma kami diarahkan untuk beberapa daerah yang rawan DBD,” ujarnya.

Saat pertemuan dengan, warga, ternyata warga meminta agar tidak memilih-mili daerah yang mendapatkan fogging. Untuk itu dirinya berjanji akan memenuhi permintaan warga tersebut.

” Kalau ada masukan warga seperti itu nanti kedepan akan kita llakukan pemerataan. fogging Ini sudah kedua kalinya dilaksanakan Indomaret Cabang Batam. Kamai akan berkordinasi dengan dinas kesehatan daerah mana yang memerlukan support untuk dilakukan fogging. Kami akan mengikuti petunjuk dari Dinkes Kota Batam dan kamai akan melakukan survey serta menyasar daerah yang menjadi rujukan Dinkes Batam,” janjinya.

Sementara itu, Perwakilan Dinas Kesehatan Kota Batam dari Puskesmas Sei Pancur Edi Firmasyah mengapresiasi apa yang dilakukan Indomaret Batam. “Ini bagus, apa yang dilakukan CSR Indomaret merupakan kegiatan positif apalagi memang masalah DBD ini lagi marak sehingga bermamfaat bagi masyarakat,” katanya.

Memang, lanjutnyan dari data puskesma Sei Pancur, kasus DBD sejak Januari hingga Februari meningkat. “Tapi pada Maret ini sudah menurun karena kita dan dukunan pihak swasta terus melakukan pencegaah,” ujarnya.

Selain pencegahan dengan terus melakuka fogging, masyarakat juga dihimbah untuk terus menggalakkan 3 M Plus.

Ketua RW 12 Bida Ayu, Kelurahan Mangsang Kecamatan Sei Beduk, Gading Barus sangat berterimakasi atas kepedulian pihak Indomaret Batam dalam melakukan fogging di daerahnya. “Saya sangat berterimakasih kepada Indomaret, karena mau membantu kita,” ujarnya.

Memang, lanjutnya, RW 12 yang meliputi 3 RT rawan DBD. “Saya dapat laporan di blok A itu ada 2 sampai 3 orang yang kena DBD,” tutupnya.(iin)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel