Disduk Natuna Minta Warga di Kecamatan Pemekaran Urus KTP Elektronik

Aturan Terbaru, Kini Nama di e-KTP Minimal Dua Kata
Aturan Terbaru, Kini Nama di e-KTP Minimal Dua Kata

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Pemkab Natuna melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang memegang KTP SIAK atau kartu identitas lama, untuk segera melakukan perekaman atau pendaftaran pembuatan KTP-El.

Petugas Disdukcapil akan membantu proses perubahan data administrasi kependudukan bagi warga di Kecamatan yang baru memekarkan diri dari Kecamatan induk.

Kadisdukcapil Kabupaten Natuna Basri menyebutkan, belum lama ini pihaknya sudah turun di Kecamatan Pulau Tiga Barat untuk membantu perekaman data.

Hal ini sudah menjadi kewajiban Disdukcapil lantaran proses administrasi di kecamatan yang baru saja memekarkan diri masih sangat terbatas baik dari sumberdaya manusia maupun dari sarana dan prasarana kantor yang masih terbatas.

“Tentu kita bantu, bahkan sudah menjadi kewajiban kami untuk terjun langsung ke Kecamatan itu. Akan tetapi kita tidak bisa serentak turun kelapangan.

” Semua itu tergantung dengan anggaran operasional,” kata Basri ditemui di kantor Bupati Natuna, Selasa (7/6).

Menurut Basri, pengurusan perubahan administrasi kependudukan akan lebih mudah setelah data administrasi desa dan RT RW selesai. Sebab hingga saat ini data administrasi desa masih bergabung dengan Kecamatan lama.

“Secara administrasi tidak ada masalah dengan e-KTP yang saat ini dimiliki warga.

Secara aturan lanjut Basri, jika sudah pindah harus dilakukan perubahan data e-KTP khususnya alamat tempat tinggal.

“Kalau data sidik jari dan iris mata tidak perlu,” jelasnya.

Tiga kecamatan yang baru memekarkan diri adalah Kecamatan Suak Midai, Kecamatan Pulau Tiga Barat dan Kecamatan Bunguran Batubi. Tiga kecamatan ini akan menjadi prioritas kerja Disdukcapil untuk membantu proses perubahan data kependudukan.

Masih Kata Basri,setelah keluar Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2015 tentang data administrasi dan kewilayahan kecamatan di Kabupaten Natuna dan Peraturan Daerah nomor 4 Tahun 2014 tentang Pembentukan Kecamatan Suak Midai, Pulau Tiga Barat dan Bunguran Batubi.

Kecamatan Suak Midai yang sebelumnya tergabung dalam wilayah Kecamatan Midai. Kecamatan Pulau Tiga Barat mencakup empat desa seperti Desa Pulau Tiga, Desa Tanjung Kumbik Utara, Desa Selading dan Desa Setumuk.

Kecamatan Bunguran Batubi yang baru saja diresmikan, meliputi empat Desa yakni Desa Batubi Jaya, Desa Gunung Putri, Desa Sedarat Baru dan Desa Semedang. Kecamatan Bunguran Batubi merupakan usulan pemekaran Kecamatan Bunguran Barat.Tutup Basri.(riky)

FANINDO

Honda Capella