Kapolda Kepri Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Hari Raya 2016

Warta Kepri Kapolda Apel Pasukan Ramadhaniya 2016
HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, KEPRI – Kepolisian daerah kepuluan riau (KEPRI), melaksanakan Apel gelar pasukan pengamanan hari raya idul fitri 1437 H tahun 2016 (30/06/2016) pukul 16.00 wib di Lapangan Engku Putri Batam Center.

Apel dipimpin oleh Kapolda Kepri Brigjen Pol. Drs. Sam Budigusdian, MH, dihadiri oleh Wakapolda Kepri, segenap unsure pimpinan daerah, para pejabat instansi sipil, TNI, Pejabat Utama Polda Kepri, dan peserta apel gelar pasukan.

Dalam Sambutan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. Badrodin Haiti yang dibacakan oleh Kapolda Kepri Brigjen Pol. Drs. Sam Budigusdian, MH, Menyampaikan Sandi operasi dalam rangka pengamanan hari raya idul fitri yang selama ini kita kenal yaitu “KETUPAT”, pada tahun 2016 berubah menjadi “RAMADNIYA” yang merupakan singkatan Ramadhan dan Hari Raya, yang mengandung arti Harafiah Suci, adil dan sempurna. Operasi ini dilaksanakan selama 16 hari, mulai tanggal 30 juni s.d 15 juli 2016.

Melalui kegiatan ini diharapkan rencana operasi yang telah dipersiapkan dengan matang dapat dilaksanakan dengan baik dan sinergis bersama seluruh Stakeholders terkait, agar situasi Kamtibmas maupun Kamseltibcar lantas yang kondusif dapat terwujud, sehingga masyarakat di seluruh wilayah tanah air dapat merayakan hari raya idul fitri dengan aman, nyaman, tertib dan penuh khitmad.

Selanjutnya, potensi kerawanan maupun gangguan kamtibmas yang perlu diantisipasi pada perayaan lebaran tahun 2016 ini, antara lain curat, curas dan curanmor, Sweeping ormas, tawuran antar kelompok warga, balap liar dan kebut – kebutan, penyalahgunaan narkoba, miras, petasan, aksi intoleransi beragama, terorisme, sabotase, serta bencana alam dan kebakaran.

Menyikapi kondisi tersebut, dalam rangka menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam perayaan lebaran 2016, Polri beserta seluruh jajaran kewilayahan didukung instansi terkait dan Mitra Kamtibmas telah berupaya mempersiapkan operasi kepolisian “RAMADNIYA- 2016” secara optimal.

Dalam operasi kemanusiaan ini, kekuatan yang akan digelar sebanyak 158.402 orang terdiri dari Mabes Polri sebanyak 2.043 orang, Polda sebanyak 89.613 orang serta instansi terkait sebanyak 66.746 orang, yang tersebar pada 3.097 pos pengamanan dan 1.112 pos pelayanan.

Seluruh kekuatan ini akan melaksanakan pengamanan pada tempat peribadatan umat muslim, lokasi sholat ied, pemukiman masyarakat, jalur – jalur pergerakan orang dan barang, tempat wisata, terminal, stasiun ka, pelabuhan laut, bandara, sentra perekonomian dan tempat transaksi keuangan, rest area, SPBU, tempat-tempat pembagian zakat fitrah, serta kegiatan masyarakat lainnya yang perlu diamankan.

Dengan pengamanan langsung pada berbagai lokasi tersebut, diharapkan masyarakat dapat merayakan hari raya idul fitri 1437 H dengan nyaman dan tertib dalam situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. (ichsan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG