Walikota Batam Akan Berlakukan Izin Domisi Untuk Selamanya

506
Warta Kepri Walikota Batam Rudi
WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Akibat adanya keluhan yang dirasakan oleh pelaku usaha terhadap singkatnya masa berlaku surat domisili, Pemko Batam berjanji akan memberlakukan izin domisili untuk selamanya dan tidak lagi dalam jangka waktu selama 1 tahun.

Walikota Batam, H.M. Rudi mengatakan bahwa surat keterangan domisili terhadap perorangan serta yang berbadan hukum diseluruh Kota Batam, akan diberlakukan selamanya tanpa batas waktu apabila tidak ada perubahan.

“Kalau tak ada perubahan data seperti alamat dan sebagainya, maka akan kita berlakukan untuk selamanya mulai hari ini,” ujar Rudi kepada awak media diruang kerjanya, Selasa (6/9/2016).

Dijelaskan Rudi, surat keterangan domisili tersebut, tidak lagi diberikan masa berlaku selama 1 atau 5 tahun. Melainkan untuk selamanya kepada perusahaan maupun perorangan. Kendati begitu, jika terdapat perubahan data, yang bersangkutan diharapkan untuk melampirkannya.

Honda Capella

Menurutnya, lampiran perubahan tersebut sangat diperlukan apabila ada permasalahan hukum. Selain Camat dan Lurah, perubahan data juga mesti diketahui oleh perangkat RT/RW setempat. Sedangkan untuk perusahaan yang terjadi perubahan data, tidak perlu dipindahkan, hanya perlu surat keterangan tentang keberadaannya.

Ditegaskannya, domisili tidak perlu berubah fungsi, hanya berubah nama saja. Untuk izin domisili yang pengawasannya kurang, tidak akan dialihkan ke BPM-PTSP, karena akan semakin tidak terawasi.

“Itu semua kita berlakukan mulai hari ini setelah memanggil semua Camat yang ada di Kota Batam,” terangnya.

Maka berdasarkan hal itu, ke depan diharapkan tidak ada lagi ditemukan keluhan dari pelaku usaha maupun perorangan tentang perizinan keterangan domisili di Kota Batam, tandasnya. (ichsan)

FANINDO