Selama 2 Minggu, bright PLN Batam Lakukan Pemeliharaan PLTU Tanjungkasam

595

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Demi menjaga pasokan listrik di Kota Batam dan Bintan, bright PLN Batam lakukan pemeliharaan rutin mesin pembangkit yang beroperasi penuh untuk kelistrikan di dua daerah tersebut. Salah satunya melakukan pemeliharaan rutin terhadap mesin Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Kasam 55 MW.beni-humas-pln-batam

“Kami melakukan pemeliharaan rutin ini, agar mesin pembangkit dapat bekerja optimal,” ujar Corporate Communication bright PLN Batam, Benny Eka Putra kepada wartakepri.co.id, Jumat (11/11/2016).

Saat ini, kata Benny, hanya 1 unit mesin saja yang akan dilakukan pemeliharaan, dan itu biasanya hanya dilakukan sekali dalam 1 tahun. Pemeliharaannya diupayakan agar tidak mengganggu stabilitas sistem, artinya adalah tidak akan berdampak terhadap pemadaman listrik para pelanggan.

Kendati begitu, prosesnya juga meliputi beberapa kondisi yang harus diketahui bersama. Diantaranya adalah beban pembangkit (konsumsi energi listrik masyarakat), dan juga terhadap kondisi cuaca, terangnya.

Masih kata Benny, hingga saat ini Daya Mampu Pembangkit (DMP) yang dimiliki PLN Batam sebesar ± 430 MW dengan Beban Puncak (BP) rata-rata Batam-Bintan mencapai ± 370 MW. Sehingga ada reserve margin (cadangan daya) ± 60 MW, yang diprediksi masih mampu untuk menopang beban di sistem Batam-Bintan, asalkan tidak ada pembangkit lain yang mengalami gangguan.

Jika terjadi gangguan, maka akan mengakibatkan defisit daya yang dialami oleh bright PLN Batam. Pemeliharaan mesin pembangkit tersebut, dijadwalkan berlangsung ± 2 minggu dari tanggal 12 November hingga 27 November 2016, jelasnya.

“Apabila terjadi kondisi defisit atau krisis seperti yang saya sebutkan di atas, maka dimungkinkan akan terjadi pemadaman. Namun hanya pada hari kerja Senin sampai dengan Jumat, karena saat weekend (Sabtu dan Minggu) beban pemakaian energi listrik biasanya cenderung turun,” ungkapnya.

Jika terjadi pemadaman, pelanggan dapat memperoleh informasi pemadaman melalui contact centre bright PLN Batam 123 dari televon rumah atau 0778 123 dari HP. Selain itu, dapat juga dilihat pada website www.plnbatam.com pada menu informasi pemadaman serta di media cetak maupun elektronik.

Untuk itu, bright PLN Batam menghimbau para pelanggan agar dapat melakukan penghematan penggunaan tenaga listrik selama dilakukannya pemeliharaan. Misalnya dengan mematikan lampu, dan alat-alat elektronik apabila tidak dipergunakan, harapnya.(ichsan)

Honda Capella

FANINDO