Semarak Hari Jadi Kota Ranai, Dispar Gelar Pekan Expo Natuna ‎akhir Juli

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA -Setelah sukses menggelar Event Festival Wisata Bahari awal bulan Juni lalu, yang berhasil membuat waisatawan kapal Yacht singgah di pesisir Pulau Bunguran, Bupati Natuna optimis wisata di Natuna akan bangkit lagi. Seperti diketahui 12 Kapal Yacht yang memuat 24 wisatawan mancanegara yang berasal dari berbagai negara seperti Australia, Malaysia, Amerika Serikat, Inggris, irlandia, dan beberapa negara lainnya, disambut ramah oleh masyarakat setempat yang dikoordinir oleh kementerian pariwisata serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan natuna sebagai ujung tombak.‎

Bupati Natuna Hamid Rizal semakin optimis setelah melihat hasil dari penyelenggaraan ivent Festival Wisata Bahari mampu bangkitkan semangat wisatawan ke Natuna. Asalkan, lanjut Hamid, setelah kegiatan ini dapat dilakukan evaluasi guna penyempurnaan penyelengaraan berikutnya.‎

“ Yang sekarang saya nilai cukup bagus. Namun harus dilakukan penyempurnaan dengan kemasan yang lebih bagus lagi dimasa mendatang,” katanya.

Bupati juga berharap kesadaran masyarakat lokal terhadap sapta pesona periwisata juga terpelihara dengan baik. Karena, keterlibatan masyarakat lokal penyelenggaraan sektor pariwisata sangat penting.

Seperti yang ditunjukkan masyarakat Natuna dan sekitarnya pada penyelenggaraan wisata bahari sangat elok.

“ Bila nanti ada investor yang akan mengelola pariwisata, saya juga meminta masyarakat lokal lebih banyak dilibatkan agar mampu menjadi penerus pengelolaan berikutnya,” tandasnya.

Pekan Expo Natuna‎

Pada puncak rangkaian peringatan hari jadi Kota Ranai yang ke- 146 tahun 2017 ini, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna, Erson Gempa Afriandi telah mempersiapkan rangkaian festival yang dikemas dalam satu event yaitu “Pekan Expo Natuna”.

” Mohon doa dan dukungan semua elemen masyarakat Natuna,mari kita sukseskan kegiatan pekan eskspo Natuna,” ajak Erson Gempa, Sabtu,(8/7/2017).

Pada acara pembukaan Pekan Expo Natuna yang disejalankan dengan Peringatan Hari Jadi Kota Ranai ke 146 tersebut juga diperkenalkan (Launching) Brand Pariwisata Natuna yang dikemas dalam bentuk prosesi yang unik dan spektakuler dapat berjalan sukses.

Pada hari ke-2 diselenggarakan Festival Pulau Senoa yang digelar sejak pagi hingga sore hari. Pulau Senoa akan digelar lomba pacu kolek yang merupakan alat transportasi air yang masih tradisional, serta lomba fotografi dengan tema foto Wonderful Senoa.

Event yang tak kalah uniknya adalah Festival Nyuluh yang otentik dari Kepulauan Riau terutama di Kabupaten Pulau-pulau yang tersebar di Natuna.

Aktivitas menyuluh diadaptasi dari usaha masyarakat pesisir untuk mendapatkan ikan tanpa harus berlayar ke tengah laut. Penangkapan ikan dengan teknik menyuluh ini dilakukan pada malam hari dikala air laut sedang surut.

Dengan bermodal lampu suluh, masyarakat mencari ikan yang terperangkap disurutnya air atau perairan dangkal. Dengan bermodal parang ataupun tombak, ikan dapat diiperoleh.

Untuk melestarikan budaya lokal itulah Festival Nyuluh ini digelar untuk pertama kalinya di Kabupaten Natuna. Dengan keunikan dan otentisitasnya diharapkan Festival Nyuluh menjadi Kalender Event tetap dilihat prospeknya dari antusiasme masyarakat untuk turut serta dalam Festival Nyuluh ini.

Sebagai Event utama Pekan Expo menghadiran stand-stand pameran yang menggambarkan hasil pencapaian pembangunan Kabupaten Natuna dari sekala sektor ekonomi dan sosial masyarakatnya.Guna memeriahkan suasana masyarakat dan wisatawan yang mengunjungi stand pameran, juga digelar Festival Band mulai dari sore hingga malam hari.

Selain itu tidak ketinggalah pula hiburan berupa atraksi dari beberapa paguyuban seni daerah yang ada di Indonesia dalam balutan Parade Seni Budaya Nusantara yang menampilkan kesenian Randai, Reog, Angklung, Barongsai dan kesenian tradisional khas Natuna seperti Permainan Gasing, Permainan Alu dan Kesenian Mendu yang pastinya sangat diminati oleh pengunjung Pekan Expo karena dikemas dalam atraksi atraktif, dinamis dan kekinian.

” Semoga dengan Expo Natuna dapat mengangkat nama Natuna dalam percaturan Destinasi Wisata Baru yang berkembang pesat dan memiliki daya saing dengan destinasi wisata lainnya yang ada di wilayah negara Republik Indonesia,” ujar Erson Gempa.

Deretan multi festival yang digelar selama 4 hari berturut-turut dari tanggal 29 Juli hingga 1 Agustus 2017 tersebut memiliki ekspektasi untuk dapat meningkatkan kunjungan wisatawan Nusantara dan Manca Negara khususnya wisatawan Cross Boarding atau pelintas batas dari negara tetangga seperti Malaysia. Dengan target 500 wisatawan luar negara.(*)

Penulis: Rikyrinovsky.‎

FANINDO

Honda Capella