Ekonomi Kepri Peringkat 5, Saran BI agar Terus Dukung Sektor Pariwisata

446
BI Kepri Catat Kinerja Bank Syariah Membaik

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Bank Indonesia Perwakilan Kepri mempublikasi tentang laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri pada Triwullan III 2017 mengalami peningkatan hanya 2.41 persen. Walau naik, secara nasional dan regional, peringkat Provinsi Kepri masih diurutan ke 5 se Pulau Sumatera.

” Peringkat Provinsi Kepri masih kelima di Sumatera. Pertama masih Provinsi Riau, disusul Sumut, Sumsel dan Lampung. Pada posisi ke lima ini, pertumbuhan ekonomi di Kepri meningkat sebesar 2.41 persen,” ujar Gusti Raizal Eka Putra, Kepala Bank Indonesia Pewakilan Kepri, Rabu (15/11/2017) di Grand I Hotel Nagoya Batam.

Dijelaskan Gusti Raiza, naiknya ekonomi Kepri ini juga dipengaruhui kondisi ekonomi global dunia saat ini. Dalam catatannya, pada triwulan III tahun 2017 mulai membaik diberbagai sektor dari periode sebelumnya.

Honda Capella

Seperti Amerika serikat, Eropa, China. Untuk Indonesia sendiri mengalami kenaikan 4 persen, dan saat ini dinilai masih tergolong rendah. Belum tingginya angka peningkatan ekonomi di Kepri juga tergantung kepada negara tetangga Singapore. ” Apabila Singapore mengalami kenaikan ekonomi, maka Kepri sendiri mengikutinya,” ujarnya.

Pihak BI Kepri memprediksikan, untuk Provinsi Kepri akan terus mengalami peningkatan ekonomi pada tahun 2018 nanti. Dimana pemerintah bisa menggerakkan sektor pariwisata.

” Dorong sektor pariwisata, agar tingkat hunian hotel, transportasi dan tempat wisata di Kepri dapat menyumbangkan pemasukan ke pemerintah daerah,” saran Gusti Raiza.(*)

Tulisan : Amrullah
Editor : Dedy SWD

FANINDO