Dinsospesmas Memberikan Pelatihan Tagana Bagi Siswa SLTA

213

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Batam memberikan pelatihan Duta Taruna Siaga Bencana (Tagana) bagi siswa-siswi SLTA di Kota Batam. Kegiatan yang dipusatkan di Dataran Engku Putri Batam Centre ini dibuka Senin (23/7) malam oleh Kepala Dinsospemas, Hasyimah. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti 200 siswa SLTA sederajat.

“Diharapkan melalui kegiatan ini para siswa menjadi tanggap darurat baik dalam menghadapi bencana alam maupun sosial. Duta Tagana juga diajarkan bagaimana cara operasional dapur umum dan inisiatif mendirikan Posko,” sebut Hasyimah.

Hasyimah juga mengatakan Duta Tagana ini sebagai cikal bakal generasi penerus Tagana ke depannya. Minimal siswa mampu mengaplikasikan ilmu tanggap darurat di lingkungan sekolah maupun di rumah masing-masing. Sebagai pemateri pada kegiatan ini dari Forum Komunikasi Tagana Provinsi Kepri, Forum Komunikasi Tagana Kota Batam dan dari Kementrian Sosial.

Harapannya pelaksanaan kegiatan Duta Tagana ini nantinya diharapkan dapat didukung melalui anggaran dari APBD Kota Batam maupun Provinsi Kepri. Agar dalam pelaksanaannya dapat lebih berkesinambungan dan profesional. Dengan demikian seluruh kegiatan dalam upaya peningkatan sumber daya manusia Tagana dapat berjalan sesuai dengan program yang telah disusun.

Kegiatan ini juga disejalankan dengan pengukuhan Bunda Tagana Kota Batam, Marlin Agustina Rudi. Pengukuhan akan dilaksanakan pada Rabu (25/7) di Dataran Engku Putri oleh Bunda Tagana Provinsi Kepri, Noorlizah Nurdin Basirun.

Pengukuhan Bunda Tagana Kota Batam ditandai dengan pemasangan selempang oleh Bunda Tagana Provinsi Kepri. Selanjutnya Bunda Tagana Kota Batam akan memasangkan rompi kepada Bunda Tagana Kecamatan.

Sebelumnya Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat telah melaksanakan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kelurahan Setokok, Kecamatan Bulang. Kegiatan KSB diisi dengan penyuluhan KSB yang melibatkan 100 peserta dari unsur masyarakat se-Kecamatan Bulang.

Sumber : Media Center Batam

Foto       : Istimewa/net

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!
PKP HIMALAYA DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel