BI Bekerjasama TNI AL Bawa Uang Baru Rp 5 Miliar Pakai KRI Lepu Keliling Pulau Terluar

24
BI Bekerjasama TNI AL Bawa Uang Baru Rp 5 Miliar Pakai KRI Lepu Keliling Pulau Terluar

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Bank Indonesia Perwakilan Kepulauan Riau bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut melakukan pelepasan kas keliling kepulauan terdepan dan terpencil (3T) menggunakan kapal KRI Lepu, bertempat di Dermaga Utara Pelabuhan Batuampar, Rabu (27/3/2019) pagi.

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Asisten Operasi Kepala Staf AL, Laksamana Pertama Yusup, Kepala Bank Indonesia perwakilan kepulauan Riau, BP Batam, Lanal Batam, dan para undangan lainya.

Wakil Asisten Operasi Kepala Staf AL, Laksamana Pertama Yusup mengatakan bahwa pihaknya turut serta membantu program kas keliling oleh Bank Indonesia guna menyediakan uang layak edar di NKRI.

“Khususnya di pulau-pulau atau daerah terdepan, terluar dan terpencil di seluruh Indonesia,” ujar Laksamana Pertama Yusup Rabu (27/3/2019) di Dermaga utara pelabuhan Batu Ampar.

Menurut Yusup, kehadiran kas keliling Bank Indonesia ini, untuk memberikan pengetahuan di pulau-pulau yang terluar, terdepan dan terpencil (3T) yang ada di kepulauan.

” Dengan itu, kita refresh atau mengganti uang yang baru, tentu ini akan memudahkan dan semakin menambah keyakinan masyarakat di pulau untuk bertransaksi,” ungkap Yusup.

Mengingat Kepri yang memiliki banyak pulau terpencil khususnya Batam merupakan wilayah yang berbatasan dengan negara tetangga. “Sehingga ini kita kawal untuk memastikan tidak ada mata uang asing beredar lagi di wilayah NKRI,” sebutnya

” Karena ini ada undang-undangnya, UU mata uang yang menyebut bahwa diseluruh NKRI harus menggunankan mata uang Rupiah untuk setiap transaksi,” tambahnya.

Maka itu, akan meningkatkan kepercayaan masyarakat dengan mengganti uang yang sudah tidak layak edar di pulau-pulau Khususnya di perbatasan.

” Kami siapkan 15 KRI, di daerah masing-masing,” kata Yusup di Batam.

Yusup mengatakan bahwa pihak BI berencana melaksanakan 15 kali kegiatan kas keliling di seluruh Indonesia. Setiap kegiatan kas keliling, TNI AL mengerahkan satu unit KRI.

” Untuk itu kami siapkan 15 KRI, di setiap daerah masing-masing membantu pelaksanaan distribusi penukaran uang rupiah ke daerah yang sulit terjangkau,” jelasnya.

Saat ini, dua KRI tengah berlayar mendukung kegiatan Kas Keliling, yaitu di Perairan Jawa Timur dan KRI Lepu di perairan Selat Malaka, yang berlayar dari wilayah Provinsi Kepulauan Riau, Riau hingga Sumatera Utara.

Sementara itu, Direktur pengelolaan uang Rupiah BI, Luctor Tapiheru mengatakan sepanjang tahun 2019 pihaknya menyiapkan Rp 75 M untuk kegiatan kas keliling di seluruh Indonesia.

“Jadi setiap kegiatan kas keliling mencapai Rp 5 Miliar, selama tahun 2019 ini kita melaksanakan 15 kali kegiatan di 116 pulau seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Dijelaskan, Program kas keliling merupakan pelaksanaan amanat UU no. 7 tahun 2011 tentang Mata Uang, sebagaimana BI untuk menyediakan alat pembayaran tunai ke seluruh wilayah NKRI dalam jumlah cukup, tepat waktu dan dengan jenis pecahan uang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Karena itu, kita bekerja sama dengan TNI AL dalam program kas keliling, mengingat Kami tidak memiliki sumber daya manusia dan dukungan alat transportasi untuk menjangkau seluruh wilayah NKRI,” pungkasnya.(*)

Kiriman : Taufik Ch

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PKPONLINE PKP DREAMLAND