Selamat Atas Pelantikan Tuan dan Puan Jadi Anggota DPRD Batam, Ingat Ada KPK Bersama Kami



PKP DREAMLAND

Tuan/puan terlihat sangat Berwibawa, terhormat, akan disegani dan akan disanjung. Beberapa titel secara tak langsung juga akan melekat pada diri anda yang terpilih dan akan duduk di gedung DPRD Engku Putri Kota Batam mulai 29 Agustus 2019.

Sebagai anggota DPRD terpilih, Anda patut bersyukur atas kepercayaan yang diberikan masyarakat. Tuan dan Puan terpilih berkat suara rakyat dan ada istilah Suara Rakyat Suara Tuhan. Ingin mendekati Tuhan? Dekatilah rakyat!” begitu ucap Kahlil Gibran.

Bila Anda mau mengambil hikmah barang sebentar atas relasi Anda dengan rakyat, maka Anda wajib memeteraikannya di dalam hati, jika niat suci ini untuk membayar tuntas kepercayaan rakyat itu. Caranya, mungkin anda dapat merinci sendiri seperti apa cara yang pantas membayar kepercayaan mereka yang secara ikhlas memilih anda.

Tuan/puan Dewan, apakah anda tahu? Pemilu legislatif lalu sebagai medium yang menjaring anda dan duduk menjadi anggota parlemen! Konsekuensinya, ada yang terpilih, ada yang tidak terpilih. Itulah konsekuensi logis dari kompetisi demokrasi. Dengan segala kelebihannya, demokrasi memang selalu menyimpan rasa sakit sendiri.

Yang akan menjadi Yang Terhormat, tidak terbantahkan pula adanya sorotan dan kritik publik atas kinerja anda nantinya, jangan marah, murka jika kritikan itu akan datang secara bertubi tubi. Ini pengalaman wahai tuan/puan, jika sebuah kritikan datang, amarah, sinis, bencimu akan datang secara tiba-tiba.

Sejarah mencatat, Kota Batam memiliki berbagai macam potensi yang beragam, baik pariwisata, pertanian, peternakan, tambang dan industri dan lainnya.

Dengan potensi di atas, kemana arah Tuan dan Puan untuk membersarkannya nanti??. Masyarakat pemilih Anda akan melihat dan menilai apakah kandidat yang dipilih akan bekerja dan berprilaku sebagai orang yang yang kerja Duduk, Diam, Duit dan Pulang. Atau hanya bekerja sesuai dengan kepentingan pribadi, kelompok dan golongan saja.

Sejumlah jabatan telah menunggu Tuan dan Puan di DPRD nanti. Mulai dari posisi Ketua, Wakil Ketua, Ketua Komisi, Ketua Fraksi dan satu jabatan yang penting adalah Ketua Badan Kehormatan.

Posisi Ketua Badan Kehormatan adalah posisi strategis dan tentu menjadi wasit bagi anggota Dewan yang dinilai bermasalah dan diadukan oleh masyarakat.

Dalam pandangan kami, DPRD Kota Batam belum memaksimalkan Badan Kehormatan (BK) yang akan menjaring anggota dewan yang bermasalah, apakah anda berani memakan kawan sendiri yang tidak benar?? Hanya berani membuat pansus sajakah?? Kami butuh parlemen yang berani menindak anggota dewan nakal. Selama ini kemana?? Yang absensi minim, nakal dalam kebijakan??

Tidak rahasia umum lagi jika penegakan hukum bagi pejabat2 nakal masih tebang pilih. Anda mau bukti? Jika anda seorang kader partai dan bukan kader instan anda pasti akan mengetahui hal ini, tentang mereka yang dihimpit masalah lahan, tapal batas dan puluhan jiwa masih terlunta dengan kata Makmur..

Akankah anda ketahui, ada kelompok-kelompok pemerhati yang akan muncul untuk mengungkap kinerja negatif Anda. Saran saja, jangan bermain dan menciptakan peluang peluang pribadi dari kegiatan reses.

Pada periode lalu, kasus perjalanan dinas menjadi sorotan dan mereka harus mengembalikan dana yang telah terpakai ke kas negara. Ada yang sampai menjadi saksi di pengadilan negeri Batam.

Sebagai legislatif terpilih, wujudkanlah regulasi yang mensejahterakan masyarakat banyak. Regulasi dalam bentuk Peraturan Daerah, harus benar benar disosialisasikan ke masyarakat sebelum diputuskan dan dilaksanakan oleh Pemerintah Kota. Regulasi yang dibuat untuk melancarkan usaha suatu kelompok, akan dipastikan mudah terbaca oleh masyarakat.

Belajarlah dari Perda Reklamasi yang dibuat oleh DPRD Kepri, pihak KPK mencium ada yang aneh dari Perda tersebut. Perda belum jadi, tapi lahan lahan yang akan masuk daftar reklamasi ternyata sudah ada pemiliknya.

Opini Zulfahmi
Praktisi Media dan Pemerhati Sosial Politik di Kepri



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA