Bentuk Jiwa Korsa, Kodim 0317 Tbk Gelar Lomba PBB dan PPM Tingkat SLTP dan SLTA se Karimun

Bentuk Jiwa Korsa, Kodim 0317 Tbk Gelar Lomba PBB dan PPM Tingkat SLTP dan SLTA se Karimun

WARTAKEPRI.co.id KARIMUN – Dalam rangka menyambut Hari ulang tahun Tentara nasional Indonesia (HUT TNI) ke – 74 tahun 2019, Makodim 0317/Tbk, pada Kamis (19/09/2019) menggelar perhelatan lomba peraturan baris berbaris (PBB) dan Peraturan Penghormatan Militer (PPM), tingkat SLTP dan SLTA sekabupaten Karimun.

Penyelenggaraan lomba yang turut dihadiri oleh kepala dinas pendidikan kabupaten karimun, perwakilan dari sekolah baik negeri maupun swasta, anggota persit Kartika Candra Kirana LXXI kodim 0317/Tbk, anggota jalasenastri mako Lanal Tbk serta seluruh instansi dan stakeholder terkait lainnya turut meriahkan kegiatan perlombaan dengan mengangkat tema “Melalui lomba PBB dan PPM kita bangun generasi muda yang memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme yang berwawasan kebangsaan.

Untuk jumlah peserta dari SLTP sebanyak 9 sekolah, serta SLTA berjumlah 9 sekolah. Dimana satu kelompok pleton terdiri dari 25 siswa dan siswi. Yang mana untuk penilaiannya sendiri dibagi dalam tiga pos, pada masing-masing pos disiapkan materi yang diujikan, terutama dasar – dasar PBB dan PPM, sehingga perjalanan dari pos satu ke pos du ditunjukkannya kreatifnya dari masing – masing peserta.

PKP EXPO

Disela-sela sambutannya, Dandim 0317/Tbk, Letkol inf. Denny melalui Pasintel kodim 0317/Tbk, kapten inf. Istain Tamimi menjelaskan bahwa pada pelaksanaan lomba PBB dan PPM dalam rangka memeriahkan HUT TNI ke – 74 tahun 2019 diwilayah kodim 0317/Tbk.

“Tujuan dari kegiatan ini yaitu guna membentuk kreatifitas yang tinggi, mempererat tali persaudaraan, dan meningkatkan potensi diri serta membangun generasi muda yang bertanggung jawab sekaligus berjiwa korsa,” ungkap perwira TNI AD asal Semarang Jawa tengah tersebut.

Ungkap Istain, pada kegiatan lomba PBB dan PPM ini diharapkan mampu menjadi dasar pengetahuan yang baik dan benar, bagi para pelajar yang ada diseluruh wilayah kabupaten Karimun.

“Kedisiplinan akan menunjang keberhasilan seseorang, sehingga momen ini sangat tepat dilaksanakan agar para siswa mempunyai jiwa disiplin, sikap yang tegap dan tegas,” ungkapnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, kepala dinas pendidikan kabupaten karimun, Bakri Hasyim sangat mengapresiasi kepada kodim 0317/Tbk yang telah melaksanakan kegiatan yang baru pertama kalinya di perlombakan, dimana yang pernah dilombakan hanya berupa lomba gerak jalan saja, diantaranya berjarak 8 kilometer, 17 km, 45 km.

“Kami tentunya yakin kedepannya pelaksanaan kegiatan ini lebih baik dan pastinya lebih banyak lagi para peserta siswa dan siswi, baik SLTP maupun SLTA.” terangnya.

Kata Bakri, agar kedepannya tidak hanya dilaksanakn di pulau karimun saja, akan tetapi dapat dilaksanakan dipulau-pulau lainnya seperti Tanjung batu dan moro, sehingga menjadi agenda tahunan.

“Nantinya akan kita mantapkan kegiatan PBB dan PPM pada ekstrakurikuler disekolah masing-masing,” pintanya.

Salah satu pelatih peserta dari SMA negeri 2 karimun, Endisono mengatakan dimana dengan penampilan uniknya dengan merias wajah seluruh pesertanya dengan motif samaran loreng-loreng.

“Hal ini sesuai dengan tema HUT TNI yang ke 74 tahun, sehingga mengambil garis besar sehingga kami menggunakan motif samar loreng – loreng agar unik,” ungkapnya.

Pada perlombaan yang baru pertama kalinya dilaksanakan tersebut, telah disediakan hadiah beserta piala, untuk juara I, II dan ketiga. Sehingga para siswa siswi dapat menumbuhkan sikap yang tegap dan tangkas, rasa persatuan disiplin sehingga dengan demikian senantiasa mampu mengutamakan kepentingan tugas bersama diatas kepentingan Individu.(*)

Tulisan Aziz Maulana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24