Pembinaan KIM Natuna, Manfaatkan TIK Secara Bijak





WARTAKEPRI.CO.ID – Kemajuan Teknologi Informasi Komunikasi dewasa ini memberikan pengaruh besar terhadap seluruh bidang, terutama dalam upaya membuka tabir isolasi terutama bagi daerah perbatasan seperti Kabupaten Natuna.

Adapun salah satu pengaruh tersebut diantaranya kemudahan akses informasi yang berdampak pada perluasan wawasan dan pola pikir serta inovasi para pelaku pembangunan daerah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Natuna melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Muhammad Ali Sanjaya ketika membuka kegiatan Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kabupaten Natuna.

Kegiatan yang digelar di Aula Hotel Natuna, Ranai, kamis (5/12) pagi tersebut dihadiri oleh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna dan para Ketua serta pengurus KIM se-Kabupaten Natuna.

Sanjaya menambahkan bahwa Kekuatan informasi sangat berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan, baik berdampak positif maupun negative.

“Mari kita sebarkan infromasi yang sangat bermanfaat dan membangun untuk Negeri Kita Natuna,” ajaknya.

Oleh karena itu dirinya berpesan agar seluruh KIM yang berada di Kabupaten Natuna dapat memanfaatkan TIK secara bijak dan mendukung pembangunan daerah.

Ketua Pelaksana sekaligus Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Natuna, Raja Darmika melaporkan bahwa kegiatan bermaksud untuk meningkatkan peran KIM.

“Ini kita laksanakan sebagai wahana penggerak partisipasi aktif masyarakat dalam menyampaikan informasi sekaligus sebagai ruang public menyalurkan aspirasi masyarakat,” sebut Raja Darmika.

Kadis Komimfo  berharap kepada seluruh peserta yang mengikuti kegitan ini, agar selalu aktif dalam menyampaikan kegiatan didesanya. Pengurus KIM merupakan orang yang sangat dekat dengan Kades dan perangkat didesanya.

‘’Ayo kita lakukan publikasi setiap kegita di medsos Facebook maupun WhatsApp grup,‘’ pintanya.

Adapun peserta yang ikut partisipasi dalam kegiatan ini berjumlah 40 orang yang terdiri dari pengurus KIM se-Kabupaten Natuna.

Di kepulauan Natuna, internet baru mudah diakses setelah pembangunan Palapa Ring Barat (PRB) pada akhir 2018.

Sebelum pembangunan PRB, masyarakat harus pergi ke pesisir untuk sekadar mendapatkan sinyal. Para pelajar mengaku adanya internet mempermudah mereka dalam mencari informasi.

Mereka berharap akses internet di kepulauan Natuna dapat memajukan pendidikan di sana. Selain pendidikan, bidang lain yang juga merupakan kebutuhan utama masyarakat Natuna didunia kesehatan. (Hms)



PKP DREAMLAND

DEWAN PERS WARTAKEPRI