Melalui Persatuan Majelis Taklim, BMKT Karimun Beri Penyuluhan Kanker Serviks

9

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) bekerjasama dengan TP-PKK Kecamatan Karimun yang diketuai oleh Yeni Irfaniah beserta anggota, pada Kamis melaksanakan pembentukan pengurus Persatuan Majelis Taklim (Permata), Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau pada kamis (20/2/2020) di Masjid Baitul Karim.

Pelaksanaan kegiatan yang turut mengundang dokter dari Puskesmas Tanjungbalai Karimun, terkait penyuluhan tentang penyakit IVA, mendiagnosis sedini kemungkinan adanya kanker serviks, dan pemeriksaan yang muncul dapat melihat apakah terdapat pertumbuhan sel prakanker di dalam serviks alias leher rahim atau tidak.

Kegiatan ini disambut antusia oleh seluru peserta bkmt tersebut, dalam rangka meningkatkan peran serta Persatuan Majelis Taklim (Permata) dalam pembangunan nasional khusunya dibidang pendidikan, dakwah, sosial, kesehatan, dan ekonomi, dipandang untuk mengembangkan organisasi Permata di seluruh Indonesia, tidak terkecuali di Kabupaten Karimun.

Seusai kegiatan, Ketua Pengurus Cabang (PC) Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kecamatan karimun, Hj. Sri Rubiyatun menjelaskan bahwa, pengajian yang rutin dilaksanakan ini diselaraskan dengan penyerahan surat keputusan (SK), dimana terdapat 8 Permata yang tersebar diseluruh Kecamatan Karimun.

“Enam Permata ditambah dua dari desa Parit dan Desa Selat mendaun, besar harapan kedepannya dengan diserahterimakannya SK, lebih baik lagi, agar dapat memperbaiki administrasinya untuk kegiatan-kegiatan yang akan datang, dan pastinya ditahun 2020 ini agar mampu membuat program-program kinerja agar lebih baik dan maju lagi” terangnya.

Hj. Sri Rubiyatun menyebut, untuk SK sendiri, berlaku selama kurun waktu tiga tahun. Dengan tingkatan mulai dari pengurus pusat di Jakarta, pengurus wilayah di Provinsi, dan hingga pengurus daerah dalam periode lima tahun semuanya, baru akan turun ke Permata Majelis taklim untuk satu periodenya hanya tiga tahun saja.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

“Untuk jumlah anggota BKMT sendiri kurang lebih seribu yang tersebar di seluruh kecamatan Karimun, dengan program khsusunya Keagamaan, akan tetapi juga menyeluruh seperti halnya pada peringatan-peringatan hari Nasional, seperti peringatn hari Kartini, hari Ibu dan lain sebagainya tetap memperingatinya dengan pelbagai kegiatan,” ungkap Wanita yang sudah dua periode memimpin BKMT Kecamatan Karimun tersebut.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Camat karimun Agung Jati Kusuma menuturkan bahwa, sangat mendukung sekaligus mengapresiasi kegiatan pengajian (Tausiyah) yang rutin dilaksanakan di wilayah kerjanya.

“Diharapkan agar bagaimana kegiatan ini disamping Tausiyah, juga adanya kepedulian sosial  yang tinggi, diantaranya yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya yaitu santunan bagi masyarakat yang tidak mampu, anak yatim piatu dan kaum dhuafa,” pungkasnya.

Dengan kegiatan-kegiatan BKMT inilah agar dapat menjadi motivasi, menjadikan semangat dan mempunyai rasa peduli terhadap masyarakat, selain itu juga dalam pengelolaan tugas dan fungsi pendamping desa sangat diperlukan, mulai dari perencanaan, pembangunan, pembinaan, hingga Pemberdayaan.

“Artinya tugas pendamping desa dalam hal ini BKMT ikut serta dalam hal menggali potensi yang ada di Kecamatan, untuk dikembangkan menjadi sebuah Inovasi yang kreatif. Sehingga mempunyai nilai dan menunjang kesejahteraan bagi masyarakat, baik di Kelurahan maupun di Kecamatan,” tutupnya.

Reporter : Aziz Maulana

Komentar Anda

BBK MURAH FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI