Peningkatan Pelayanan Kesehatan Warga di Tingkat Kecamatan Karimun melalui PKK

16

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Ketua Tim penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Karimun, Tanjungbalai Karimun Provinsi Kepulauan Riau, Yeni Irfaniyah pada kamis (20/2/2020), melaksanakan kegiatan di Desa Selat Mendaun.

“Pada pelaksanaan kegiatan pemberian vitamin A, kunjungan ke Posyandu Melur, selanjutnya dilaksanakan demo memasak TNP, yaitu mengenai cara pembuatan bola-bola ikan, dan tahu crispy, selain itu juga dilaksanakan Posyandu lansia, dimana lansia-lansia dilakukan pengobatan yang akan rutin dilaksanakan setiap bulannya, hal ini tentunya untuk memberikan perlindungan kepada lansia, dan PKK sebagai mitra pemerintah wajib mendukung program pemerintah, termasuk perlindungan kepada para lansia,” terangnya kepada WARTAKEPRI.co.id saat melakukan kunker ke Pokja Desa Selat Mendaun.

Dikatakannya, selain itu juga dilakukan penimbangan balita serta membuat ramuan guna menambah nafsu makan, dimana mengajak orangtua agar lebih aktif secara rutin membawa bayi dan balita ke Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu (Posyandu).

Apalagi 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) merupakan masa keemasan, karena pada masa-masa tersebut terjadi pembentukan tumbuh kembang pada anak.

“Disini dilibatkan Ikatan Dokter Indonesia, Ikatan Bidan Indonesia, Persakmi. Jadi mereka turun melakukan penyuluhan-penyuluhan ke masyarakat. Semua berkolaborasi dengan PKK Kecamatan Karimun,” pungkas Ibu yang memiliki satu orang putra ini.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

Yeni Irfaniyah menyebut, rangkaian pelaksanaan Kegiatan ini tidak dilakukan hanya sampai di sini, tetapi para ibu-ibu PKK yang mengikuti kegiatan ini harus menjadi penyuluh di lingkungan masyarakat, mengedukasi masyarakat, seperti bagaimana mencegah kanker serviks dan payudara pada usia dini. Itu semua dapat didapatkan dengan melalui pelatihan dan penyuluhan-penyuluhan.

“Untuk mendapatkan data kesehatan keluarga dibutuhkan kerjasama dan pendampingan dari kader-kader PKK. Makanya kader PKK memang harus memiliki pengetahuan yang lebih agar bisa memberikan penyuluhan kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama di Pokja desa Selat Mendaun ini,” pungkasnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Kepala Desa Selat Mendaun, Maksum dangat mengapresiasi dan terus berupaya untuk mendukung dari pada program-program PKK Kecamatan karimun.

“Untuk TP PKK Desa Selat mendaun sejauh ini bergerak sesuai dengan tupoksi, keinginan yang timbul dari masyarakat sebagaimana yang sudah diatur oleh pemerintah, jadi kami sedapat mungkin mengupayakan seluruh kegiatan-kegiatan itu terakomodir dengan baik didesa Selat mendaun ini,” katanya.

Maksum menuturkan bahwa, dengan tujuan tidak lain untuk kepentingan seluruh masyarakat. Dimana terdapat 4 Pokja, masing-masing dari Pokja bergerak sesuai dengan bidangnya masing-masing.

“Ada yang bergerak dibidang kesehatan, bergerak dipemberdayaan, ada juga yang bergerak diadministrasi, dimana untuk kesehatan sendiri terdapat pelayanan posyandu, Pos Binaan Terpadu (Posbindu), PTM. Dan yang rutin dilaksanakan setiap bulannya itu adalah posyandu balita dan posyandu lanisa,” ungkap Kepala Desa yang hobi bercocok tanam tersebut.

Salah satu peserta dari posyandu lansia, warga RT 02, RW 02, Syariah (59) sangat senang pada kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap bulannya ini. Selain iu juga sering dilaksanakan senam bersama guna meningkatkan kesadaran para usia lanjut untuk membina sendiri kesehatannya, baik kesehatan fisik dan psikologis.

“Seru dan asyik, kami dapat kemampuan dan peran serta keluarga dan masyarakat dalam mengatasi kesehatan usia lanjut, dapat mengetahui jenis dan jangkauan pelayanan kesehatan usia lanjut, sekaligus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan usia lanjut,” imbuhnya.

Kiriman: Aziz Maulana

Komentar Anda

BBK MURAH FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI