Sosialisasi Linmas se-Bintan Berikan Pembekalan Pengamanan dan Pengawasan Pemilu di Bintan – WartaKepri.co.id
48 views

Sosialisasi Linmas se-Bintan Berikan Pembekalan Pengamanan dan Pengawasan Pemilu di Bintan





Wartakepri.co.id, Bintan – Linmas Kecamatan Mantang, Bintan Pesisir, dan Bintan Timur ikuti acara Sosialisasi pengawasan pengamanan Pilkada Tahun 2020 di Kabupaten Bintan, acara tersebut berlangsung di Gor Demang Lebar Daun Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Jum’at, 28/2/2020.

Acara tersebut di hadiri oleh M. Sofian Camat Bintan Timur, Febriadinata, ST Ketua Bawaslu Bintan, Haris Doulay, S.Pi Komisioner KPU Bintan, AKP Supandi Kasat Binmas Polres Bintan, Brigadir Gusthin Triliansa BA. Satbinmas Polres Bintan, sekaligus menjadi narasumber dalam acara sosialisasi tersebut.

Tugas Linmas secara umum adalah membantu Polri didalam pemeliharaan Kamtibmas yang bersifat pre-emtif, Preventif, dan tugas represif kepolisian terbatas dan terhadap gangguan Kamtibmas di seluruh wilayah republik Indonesia khususnya di Kabupaten Bintan.

Nantinya tugas pokok Linmas dalam rangka penanganan, ketertiban dan keamanan penyelenggara pemilihan umum (pemilu) antaranya adalah, satuan linmas melaksanakan penanganan ketentraman ketertiban dan keamanan penyelenggara pemilihan umum, menjaga keamanan di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), menjaga kotak suara di TPS, melakukan pengamanan terhadap keresahan dan gejolak masyarakat, serta melakukan pengamatan tentang adanya ancaman faktual seperti perusakan atau pembakaran TPS serta prasarana pemilu lainnya dan segera berkoordinasi dengan pihak Polri apabila keadaan semakin anarkis.

Haris Daulay, S.Pi Komisioner KPU Bintan, menyampaikan materi berkenaan dengan tugas dan fungsi Linmas dalam mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 mendatang. Haris menambahkan bahwa tugas Linmas sangat vital dalam menjamin keamanan dan ketertiban pelaksanaan pemilihan di TPS.

“Linmas memiliki peranan penting dalam mensukseskan Pilkada Tahun 2020 mendatang”, ujar Haris.

Haris dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Satlinmas se- Kabupaten Bintan atas dukungan Pemilu Serentak Tahun 2019 lalu.

“Terimakasih atas dukungan Pemilu 2019 lalu, mohon dukungan juga untuk Pilkada Tahun 2020 nanti”, tutup Haris.

Sosialisasi linmas tersebut di ikuti 3 Kecamatan yang ada di Bintan, antarnya adalah Kecamatan Bintan Timur, Kecamatan Bintan Pesisir, dan Kecamatan Mantang, diikuti sebanyak 280 peserta yang sebelumnya juga juga sudah dilaksanakan acara yang sama di 2 lokasi di Kabupaten Bintan.

Kegiatan ini diharapkan untuk meberikan rasa aman terhadap masyarakat, dan rasa aman terhadap penyelenggaraan pemilu 2020 mendatang.

Febriadinata, ST Ketua Bawaslu Kabupaten Bintan dalam penyampain mengatakan bahwa Kegiatan ini agar ada kelanjutannya, jangan sampai disini saja, saya juga berharap kegiatanya terus menerus, agar pengamanan dan pengawasan berjalan dengan aman dan lancar, serta saya juga berhara agar Linmas diberikan uang Insentif untuk menunjang kinerja para Linmas di lingkungan masyarakat yang ada di Kabupaten Bintan ini, ucapnya.

“Saya berharap agar pilkada tahun ini khususnya di Kabupaten Bintan Zero Pelanggaran, mari kita sukseskan Pilkada Bintan dengan Aman, baik, dan lancar.” Ajaknya.(Rama).



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

48 views