Ketua Komisi I DPRD Anambas Ingatkan Pembagian Sembako Sesuai Yang Membutuhkan

290
Harris Day Batam

WartaKepri.co.id, Anambas – Penyerahan Bantuan Sembako secara simbolis,di 3 Kecamatan hari ini Selasa (28/4/2020)  yang mana sebelumnya sudah dimulai tanggal 27 di kecamatan siantan dan akan dilanjutkan di kecamatan lainnya.

“Dalam Kesempatan ini saya sebagai anggota DPRD ingin memastikan semua bantuan tersebut agar tepat sasaran, yang menerimanya benar-benar berhak menerimanya,” tuturnya Ketua Komisi I DPRD Anambas, Yusli Ys.

Disebutkannya, jadi penerima bantuan sesuai ketentuan dan sudah diatur bukan pura-pura berhak atau mengaku berhak menerima dan sebagainya ini harus sama-sama dipahami dan disepakati.

“Wajar menurut kita semua saat ini ketika kita lihat di lapangan ada temuan Data yang berbeda di Desa ini harus segera di perbaiki dan segera di laporkan ke Dinas terkait, sebelumnya Dinas Sosial sudah memberikan kewenangan Kades untuk menyesuaikan dengan kondisi di Desa masing-masing. Jika tidak sesuai dengan dilapangan, ini harus di koordinasikan secara baik, dan segera di selesaikan,” ungkapnya.

Polling Jelang 9 Desember 2020 Pilkada Kepri

Dibeberkannya lagi, mengingat terkait bantuan-bantuan seperti ini sangat sensitif apalagi ditengah kondisi seperti sekarang ini, perlu ke hati hatian dan selalu bekerja sama dengan masyarakat dalam penyalurannya.

selain itu Kades-kades harus mampu memberikan pengertian kepada masyarakat yang menerima sembako yang diberikan mengingat berupa bahan makanan yang beresiko busuk dan rusak artinya Kades harus memberikan pemahaman dengan masyarakat agar memaklumi jika terjadi mungkin ada sebagian yang rusak karna melalui tahapan yang panjang .

“Sesuai dengan program bantuan sosial yang dilakukan pemerintah Sejauh ini masyarakat  belum semuanya memahami skema bantuan yang nantinya akan diterima masyarakat sehingga menuai kontroversi di tengah-tengah masyarakat seperti saat ini Pemda Anambas akan membagikan 5000 paket Sembako kepada masyarakat yang sumber anggarannya dari APBD Kepulauan Anambas 2020, yang akan diterima oleh masyarakat penerima 1 Juta Rupiah dengan rincian 500 Ribu dalam bentuk sembako dan 500 ribu dalam bentuk uang tunai,”tuturnya.

Selain itu yang bersumber dari APBD Anambas akan ada bantuan untuk Jaringan Pengaman sosial yang khusus untuk UMKM yang usahanya terdampak akibat covid-19 kesemua itu lagi di siapkan, apakah bantuan modal atau lainnya.

“Selain bantuan yang bersumber dari APBD Anambas akan ada lagi bantuan yang bersumber dari APBN yang akan disalurkan melalui Dana Desa yaitu berupa uang tunai sebesar 600 ribu ini akan diberikan kepada yang belum terima bantuan-bantua lain jadi tak akan ganda dapatnya ini perlu data yang akurat dari Kades-kades,begitu juga bantuan lain yang bersumber dari pemerintah provinsi yang sampai saat ini belum tau skema yang dipakai,”paparnya.

Semua juga harus memahami dan memberikan pemahaman kepada masyarakat yang mungkin belum tau jenis bantuan dan dari sumber mana saja masyarakat harus di beri pemahaman,
Pihaknya juga meminta Dinas terkait memberikan informasi terkait bantuan-bantuan apa aja yang akan diterima oleh masyarakat dan bersumber dari apa aja.

“mudah mudahan semua masyarakat kita Anambas yang terdampak covid-19 bisa terbantu semuanya dan bisa menjalankan aktifitas sehari hari, dalam kehidupan semoga wabah ini segera berlalu..Aaaminn,” tutupnya.(Rama)

Komentar Anda

FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN