Beri Pelatihan UKM ke Warga Teluk Uma Karimun Terhidar dari Peredaran Narkoba

238
Beri Pelatihan UKM ke Warga Teluk Uma Karimun Terhidar dari Peredaran Narkoba

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karimun, Provinsi Kepulauan Riau menggelar kegiatan bimbingan teknis (bimtek) dalam rangka memberikan pemberdayaan alternatif, yaitu “life skill” (keterampilan hidup), Selasa (11/8/2020).

Pada pelaksanaan kegiatan yang turut serta dihadiri dan sekaligus dibuka secara resmi oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq, dengan ditandai penyerahan bahan pelatihan secara simbolis oleh Bupati dan dimpangi oleh Kepala BNNK Karimun, yang di gelar di Kelurahan Teluk Uma, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, diperuntukkan untuk masyarakat di wilayah rawan narkoba di wilayah Bumi Berazam.

Kepala BNNK Karimun, Drs. Ali Chosin, Apt, M.Si menjelaskan bahwa, pelaksanaan kegiatan pelatihan Life Skill ini dalam Rangka pemberdayaan alternatif pada Kawasan Rawan Narkoba (KRN).

“BNNK Karimun melalui Seksi Pencegahan dan Pemeberdayaan Masyarakat menggelar Life skill pembuatan makanan beku (frozen food), untuk masyarakat kawasan perkotaan atau pedesaan di Kelurahan Teluk Uma, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, yang dilaksanakan mulai Selasa (11/8/2020), hingga Rabu (13/8/2020), dengan diikuti 15 orang peserta, 6 orang pendamping dan 2 orang instruktur. Dimana pendamping dan instruktur merupakan Koordinator UMKM Kabupaten Karimun,” terang Ali.

Sehingga, kata Ali kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peserta, khususnya warga Kelurahan Teluk Uma, agar dapat membantu perekonomian mereka, sehingga hasil dari pembuatan maupun pengolahan makanan beku tersebut dapat dipasarkan, sebagai oleh-oleh khas Tanjungbalai Karimun.

“Dan yang tidak kalah pentingnya lagi, yaitu agar masyarakat Kelurahan Teluk Uma dapat terhindar dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” paparnya.

Selain itu, lebih lanjut Ali menyampaikan bahwa tujuan dari dilaksanakannya kegiatan Life Skill pembuatan frozen food ini adalah agar masyarakat memiliki keterampilan dan dapat mengembangkan kewirausahaan di bidang jasa pembuatan food frozen.

“Dimana hal ini tentunya dapat meningkatkan sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat baik secara pribadi maupun kelompok kewirausahaan. Harapan kami, setelah selesai mengikuti pelatihan life skill ini, para peserta dapat terus mengembangkan keahliannya sebagai solusi untuk menambah penghasilan,” harapan Ali.

Kegiatan yang di pusatkan pada halaman Kantor Lurah Teluk Uma, turut serta dihadiri oleh Kadis Disdakop, Wakapolsek Tebing Polres Karimun, Kapala Puskesmas Teluk uma, Babinkantibmas Tebing, Babinsa, Camat Tebing, Danramil 04 Tebing serta Kepala Puskesmas Tebing.(*)

Reporter : Aziz Maulana

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PKPONLINE PKP DREAMLAND