188 Warga Karimun Terjaring Operasi Yustisi Protokol Kesehatan Covid-19, Sementara Sanksi Ringan

337
188 Warga Karimun Terjaring Operasi Yustisi Protokol Kesehatan Covid-19

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Personil tim gabungan yang terdiri dari Polres Karimun, TNI dan Satpol PP Kabupaten Karimun, melaksanakan operasi Yustisi Protokol Kesehatan Covid-19 di sejumlah lokasi di pusat keramaian dan perbelanjaan, yang tersebar di wilayah hukum Polres Karimun, Senin (14/9/2020).

Pada pelaksanaan hari perdana pemberlakuan Peraturan Bupati Karimun nomor 49 tahun 2020 ini, dipimpin langsung oleh Kapolres Karimun AKBP Adenan, sebelumnya diselenggarakan terlebih dahulu apel dilapangan Sarja Arya Racana Polres Karimun Polda Kepri.

Operasi Yustisi Protokol Kesehatan disejumlah titik tempat keramaian di Kabupaten Karimun diantaranya Batam Bakery Foodcourt, toko pakaian 35.000, Swalayan Oriental, Sarana Busana Hawaii, Asli Mart kemudian, selanjutnya tim gabungan melaksanakan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan di wilayah Coastal Area Tanjungbalai Karimun serta sejumlah titik lainnya yang dilaksanakan tim gabungan yang ada pada masing-masing Kecamatan.

“Pada pelaksanaan kegiatan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan dalam rangka pencegahan covid-19 diwilayah Kabupaten Karimun berdasarkan peraturan bupati karimun nomor 49 tahun 2020,” terang Kapolres Karimun AKBP Adenan.

Sehingga, kata Adenan dalam pelaksanaannya nanti terdapat sanksi yang akan diberikan kepada para pelanggar yang tidak mematuhi protokol kesehatan Covid-19, baik itu perorangan maupun para pemilik usaha yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Karimun.

“Dan pada saat ini merupakan hari pertama, sebanyak 66 orang terjaring operasi, maka sanksi yang akan diberikan dilaksanakan secara berjenjang baik itu teguran lisan atau tertulis, dan nantinya Satpol PP yang melaksanakan penegakan hukumnya,” imbuh Adenan.

Adenan menambahkan, hasil Operasi Yustisi saat ini didapati para pelanggar, akan dikenakan sanksi berupa teguran secara lisan dan tertulis, selain sanksi berupa teguran tim gabungan juga memberikan masker secara gratis kepada pelanggar agar tidak ada lagi pelanggaran untuk kedepannya, dengan harapan masyarakat disiplin menggunakan masker.

“Sedangkan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan Covid-19 yang dilaksanakan Polsek jajaran Polres Karimun bersama tim gabungan didapatkan hasil operasi teguran secara lisan dan tertulis diantaranya sebanyak 122 pelanggar,” ungkapnya.

Sehingga tegas Adenan sanksi yang diberikan oleh tim gabungan Operasi Yustisi kepada para pelanggar dilakukan secara bertahap. Dan pada hari ini diberikan sanksi teguran, nantinya jika masih didapati pelanggaran yang sama, sanksi yang akan diberikan berupa sanksi sosial dengan kerja bakti selama 60 menit.

“Hingga denda administrasi bagi pelanggar perorangan sedangkan pemilik usaha akan di berikan sanksi ataupun denda penutupan sementara hingga pencabutan ijin usaha jika tidak mengindahkan protokol kesehatan Covid-19,” tegasnya.(*)

Reporter : Aziz Maulana

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PKPONLINE PKP DREAMLAND