Jadi Produk Budaya Unik nan Khas, Marlin Buka Peluang Luas untuk Bisnis Batik Batam

195

WARTAKEPRI.co.id – Sudah lama tinggal di Batam tapi tak terlalu mengenal produk lokal? Tahu tidak kalau produk kerajinan tangan lokal dari Batam seperti batik, menjadi produk khas yang sudah berbicara hingga Australia dan Dubai?

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam Hj Marlin Agustina, mengenalkan hal tersebut usai menutup Pelatihan Batik Lanjutan Kelurahan Tanjungpinggir, Kecamatan Sekupang, di HBC Mall Sungaiharapan, Sekupang, Jumat (25/9/2020) pukul 15.00 WIB.

Menurut Marlin, kita punya batik Batam, produk budaya unik khas Batam dengan beragam keunggulan, yakni motif menarik, moderen, dan ke-3: inovatif.

“Untuk itu, saya ajak anak muda mengenakan serta jadikan batik Batam sebagai pruduk unggulan kultur kita yang bisa dijadikan oleh-oleh wisatawan saat traveling ke mari,” terangnya bangga.

Marlin menjelaskan, mengingat kian pesatnya perkembangan batik Batam yang dia rintis melalui Dekranasda bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam tersebut, maka pihaknya membuka kesempatan seluas-luasnya bagi pengrajin untuk menjadi pengusaha batik.

Selain itu juga membantu meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pendirian kelompok usaha bersama (Kube) dan industri kecil menengah (IKM) batik Batam binaan Dekranasda.

Saat ini Kube dan IKM sudah tersebar di berbagai kecamatan yang ada di Kota Batam. Bahkan di satu kecamatan terdapat lebih dari satu Kube atau IKM batik Batam.

“Di Batam sudah buka beberapa Kube dan IKM. Ada di Batuampar, Sekupang, Batuaji, merata. Dan alhamdulillah sudah ada identitas masing-masing,” jelasnya.

Dalam catatan kataBatam, di antara IKM batik Batam yang berkembang adalah batik Macenning di Kecamatan Batuampar, dan Batik Tanjung di Tanjungpinggir, Kecamatan Sekupang. Yang terbaru adalah Kube SLB Kartini Batam di Batuampar.

Terakhir Marlin mengingatkan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan, terkait tingginya kasus Covid-19 di Kota Batam. “Jangan lupa pakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan,” pesannya.*
__
Foto: KETUA Dekranasda Hj Marlin Agustina saat akan menutup Pelatihan Batik Lanjutan Kelurahan Tanjungpinggir, Kecamatan Sekupang, di HBC Mall Sungaiharapan, Sekupang, Jumat (25/9/2020) pukul 15.00 WIB.

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN