Satgas TMMD Kodim 0317/TBK Bersihkan Areal Situs Cagar Budaya Makam Badang Bareng Warga

158

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Guna melestarikan kebersihan sekaligus keindahan situs cagar budaya makam Badang yang merupakan leluhur terkemuka wilayah Pulau Buru, tim Satgas TMMD ke-109 tahun 2020 wilayah Kodim 0317/Tanjungbalai Karimun melaksanakan gotong-royong kerja bakti, Minggu (27/9/2020).

Babinsa Kelurahan Buru, Sertu Dedi menjelaskan, kebersamaan dengan warga sekitar dalam bentuk gotong-royong ini lebih ditujukan guna menumbuhkan jiwa sosial sebagai bentuk penghormatan
dalam menjaga serta membersikan makam orang-orang tua atau para leluhur.

“Sekaligus sebagai beban moral dalam menjaga situs cagar budaya, khususnya situs cagar budaya Badang yang memiliki kekuatan luar biasa dalam sejarah Melayu pada abad ke-XIII di wilayah Kelurahan Buru, Tanjungbalai Karimun,” terangnya.

Sehingga menurutnya, pada pelaksanaan kegiatan tersebut sekaligus mewujudkan kepedulian Satgas terhadap warga yang berada di lokasi TMMD.

“Dimana lingkungan yang bersih, indah dan sejuk, dapat memberikan pengaruh positif pada kesehatan warga sekitar,” kata dia.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat, Amri (47) menyatakan bahwa di Pulau Buru sendiri pelaksanaan kegiatan gotong-royong membersihkan makam leluhur dapat menarik dan menumbuhkan semangat kebersamaan kepada generasi muda di Kelurahan Buru.

“Agar lebih mengenal sejarah serta dapat menjaga dan melestarikan situs budaya bersejarah yang ada,” ujar Amri.

Sehingga kata Amri hal ini merupakan bukti milik warga bersama. “Saya mewakili warga sekaligus tokoh masyarakat, sangat berterima kasih sekaligus mengapresiasi kepada seluruh warga Kelurahan Buru beserta jajaran Babinsa Kelurahan Buru, yang sudah membantu atas terselenggaranya kegiatan tersebut,” ucapnya.

“Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menjaga kelestarian situs cagar budaya Melayu, meskipun di tengah wabah Covid-19, dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan,” tambahnya. (aziz)

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN