Satgas TMMD Ke-109 Kodim 0317/TBK Berikan Penyuluhan Mitigasi Bencana Pada Masyarakat

121

WARTAKEPRI.CO.ID, KARIMUN – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 Kodim 0317/TBK, selain mengerjakan sasaran fisik juga melaksanakan kegiatan non fisik diantaranya pemberian penyuluhan dan sosialisasi, Senin (12/10/2020).

Salah satunya berupa pengetahuan bencana alam yang dilaksanakan di Posko TMMD wilayah, Kelurahan Buru, Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Satgas TMMD Kodim 0317/TBK bersama tim penyuluhan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karimun, guna mengedukasi masyarkat betapa pentingnya mitigasi bencana.

Salah satu narasumber dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karimun, Herman menyampaikan ringkasan gambaran tentang penanggulangan bencana, perbedaan bencana alam dan non alam, pengenalan terhadap bencana, dan jenis-jenis bencana, pemberitahuan kejadian serta cara untuk mengurangi resikonya.

“Secara umum mitigasi merupakan upaya yang dilakukan untuk mengurangi, menghapus kerugian dan korban yang mungkin terjadi akibat bencana, dengan cara membuat persiapan sebelum terjadinya bencana,” terang Herman.

Sehingga menurutnya program kerja ini bertujuan guna menambah wawasan warga pulau Buru, mengenai mitigasi bencana alam gempa bumi dan mengurangi resiko atau dampak yang ditimbulkan oleh bencana alam khususnya bagi warga.

“Diantaranya seperti korban jiwa, kerugian ekonomi, serta kerusakan Sumber Daya Alam (SDA), sehingga kegiatan ini tidak hanya dilakukan penyuluhan saja, akan tetapi juga digelar simulasi agar warga masyarkat dapat mengimplementasikan upaya dan tindakan yang harus dilakukan apabila bencana alam gempa bumi terjadi,” paparnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Pasiter Kodim 0317/TBK Lettu Kav Tatang Rohimat selaku Tim Pelaksana Lapangan pada kegiatan TMMD Ke 109 tahun 2020 menyampaikan, penyuluhan yang di berikan kepada masyarakat kelurahan Buru dan Kelurahan Puding Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun merupakan upaya dari TNI-AD memberikan arti pentingnya menjaga lingkungan hidup tetap hijau, sejuk di tangah masyarakat.

“Simulasi dilakukan agar masyarakat tidak panik saat terjadi bencana alam. Sehingga masyarkatpun perlu memahami agar selalu siap siaga dalam menghadapi bencana, mengurangi resiko bencana alam mulai dari usia dini,” pungkasnya.

Pada program sasaran non fisik TMMD ke-109 tahun ini, melalui penyuluhan tentang mitigasi bencana dan karhutla dari Basarnas turut serta dihadiri oleh Lurah Buru, perwakilan Mahasiswa Karimun, para siswa dan siswi SMP sederajat wilayah Buru, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda wilayah Kecamatan Buru.

 

Reporter : Aziz Maulana

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN