Sukijan Rela Rumah Dipindah untuk Pembuatan Jalan TMMD Kodim Karimun

126

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Pembukaan lahan baru yang dijadikan akses jalan pada program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-109 wilayah Kodim 0317/TBK, yang menghubungkan antara Desa Parit Sembilan, dengan Desa Lubuk Puding, Kelurahan Buru, Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, dapat dinilai berlangsung dengan sukses, sehingga tidak adanya kendala maupun hambatan yang berarti.

Namun, siapa sangka dibalik pembukaan jalan sepanjang 3040 meter dengan lebar 15 meter tersebut, terdapat cerita yang menjadi sejarah. Betapa tidak, untuk membuka akses jalan penghubung antara kedua Desa tersebut terdapat salah satu warga bernama Sukijan (45) yang merelakan rumahnya dipindah untuk dibangun bahu jalan.

“Rumah berikut lahan milik Sukijan yang berada 560 meter dari titik nol dan masuk dalam jalur pembangunan badan jalan penghubung antar Desa, mengikhlaskan rumahnya untuk dipindah, asalkan warga berharap jalan yang diharapkan pada TMMD ke-109 tahun 2020 ini segara rampung,” terang Pasiter Kodim 0317/TBK Lettu Kav Tatang Rohimat,” Sabtu (26/9/2020).

Sehingga menurutnya, hal ini tentunya sangat membantu, sekaligus menyampaikan ucapan terimakasih sekaligus mengapresiasi kepada Sukijan beserta keluarganya, membantu percepatan pembuatan jalan pada program TMMD, wilayah Kodim 0317/TBK sepanjang 3040 meter serta membangun 3 unit box culvert.

“Allhamdulillah pengerjaannya tidak lama lagi akan selesai, sudah mencapai 40 persen,” tandasnya.

Tatang mengaku, hingga saat ini belum menemukan kendala jika ada permasalahan yang sifatnya teknis di lapangan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Desa dan juga Pemkab Karimun.

“Kesulitan sampai saat ini belum ada, paling cuaca sering hujan, jalan memang agak becek, terlebih memasuki musim penghujan seperti saat ini, tatapi sudah dapat dilalui dengan berjalan kaki,” pungkasnya.

Sementara itu, Sukijan yang rumahnya dipindahkan mengatakan bahwa, sebelumnya sudah pernah mengetahui terkait rencana pembangunan jalan di wilayahnya. Sehingga dirinya sudah mendapat pemberitahuan dari Babinsa Desanya, yakni Sertu Dedi terkait hal pemindahan rumahnya tersebut.

“Tapi Alhamdullilah bapak-bapak TNI bersama dengan masyarakat membantu saya untuk merelokasi rumah dari lintasan pembangunan jalan baru ini,” kata pria yang memiliki dua orang anak tersebut.

Salah satu warga lainnya bernama Wawan (40) warga Kelurahan Buru, juga mengaku sudah mendapat kabar pembangunan jalan pintas antar Desa Kelurahan Buru dan Kelurahan Puding.

“Dan sudah ada pernyataan resmi dari Ketua Kelurahan Buru tersebut,” ungkap Wawan. (aziz)

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN