Sebanyak 14 Calon Advokat Dinyatakan Lulus Ujian Penilaian Tim DPN PPKHI

581
Sebanyak 14 Calon Advokat Dinyatakan Lulus Ujian Penilaian Tim DPN PPKHI

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Dewan Pimpinan Nasional Perkumpulan Pengacara dan Konsultan Hukum Indonesia (DPN-PPKHI) Pusat melaksanakan ujian profesi Advokat, bertempat di Hotel Planet Holiday Batam, Kamis 8 Oktober 2020.

Ketua Bidang pendidikan DPN-PPKHI pusat, Adian Hariman Siregar, S.H mengatakan ujian profesi Advokat ini dilaksanakan selama 3 hari, mulai Tanggal 6 Oktober 2020 sampai Tanggal 8 Oktober 2020. Yang mana pada Tanggal 6 Oktober 2020 yang lalu peserta mengikuti ujian try out terlebih dahulu di Golden Prawn Bengkong.

“Tahapan try out ini juga sebagai syarat dalam melaksanakan ujian profesi Advokat, lalu dilanjutkan dengan mengikuti ujian profesi Advokat yang berlangsung 8 Oktober 2020 di Planet Hotel,”kata Adian Hariman Siregar, S.H.

Dia menjelaskan, peserta yang mengikuti ujian Advokat sebanyak 14 orang, berasal dari Batam, Bintan, Karimun.

“Semua dinyatakan lulus sesuai kriteria dari bidang pendidikan PPKHI pusat,”jelasnya.

Adian Hariman Siregar, S.H menuturkan bahwa fokus dari ujian profesi Advokat ini suapaya Advokat di Indonesia lebih professional, bermartabat, dan lebih berintegritas.

“Proses untuk lulus menjadi advokat itu tidak mudah, banyak tahapan yang meski diikuti, diantaranya mulai try out hingga ujian pengambilan profesi,”tutur Adian.

Sementara tempat yang sama juga diutarakan ketua Panitia kegiatan ujian pengambilan profesi Advokat, Fandi Ahmad, SH menyebut sebetulnya minat untuk masuk menjadi advokat ini cukup tinggi, namun dikarenakan tahun ini wisuda belum ada, makanya untuk mendaftara hanya 14 peserta saja.

“Peserta tidak hanya dari kalangan muda saja, tetapi ada juga yang usia 40 tahun ke atas, artinya untuk mencapai profesi advokat ini tidak ada batasan usia, jika ada keinginan ujian maka bisa mendaftar,”terang Fandi.

Karena, kata Fandi, proses untuk menjadi seorang Advokat itu meski harus melewati pendidikan khusus profesi Advokat salah satunya ujian. Setelah itu pengambilan sumpah di pengadilan tinggi.

“Nah proses yang sekarang ini kita laksanakan adalah ujian akhir dari hasil dari awal,”pungkasnya.(*)

Tulisan: Taufik Chaniago

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel