Seperti Inilah Pelabuhan Antariksa Jepang di masa Depan, Indonesia Kapan Desain?

542
Space Port Japan Association

WARTAKEPRI.co.id, JEPANG – Sebuah tim arsitek Jepang, di bawah spanduk “Space Port Japan Association” (SPJ), telah merancang konsep menakjubkan untuk sebuah pelabuhan antariksa empat lantai yang futuristik, yang dimaksudkan untuk mengapung di lepas pantai Teluk Tokyo.

Konsepnya, yang disebut “Spaceport Japan,” menggemakan tata letak bandara tradisional – kecuali bahwa pesawat luar angkasa, bukan pesawat komersial, berlabuh di berbagai gerbang yang berbeda. Bahkan ada jalur drop-off dan pick-up melalui jalan raya yang menghubungkan pelabuhan antariksa ke daratan.

Space Port Japan Association 2

Lapisan panel surya “melayang” di atas struktur, memungkinkan penempatan teras, taman terbuka, dan “bahkan lahan pertanian dalam berbagai skala, sekaligus menyediakan ruang publik tertutup untuk orang-orang dan sarana mobilitas pribadi lainnya,” deskripsi arsitektur firma Noiz Architects membaca.

Dua menara akan menembus lapisan panel surya ini, masing-masing didedikasikan untuk keberangkatan dan kedatangan, memastikan bahwa pelabuhan akan “dapat dikenali dari jauh”.

Tingkat atas akan memungkinkan penumpang untuk melihat keberangkatan berbagai pesawat ruang angkasa, yang akan membawa penumpang dalam pengalaman pesawat ulang-alik dua jam ke orbit.

Pelabuhan antariksa akan menyediakan real estat untuk penelitian dan bisnis berbasis ruang angkasa. Situs ini juga akan memastikan penumpang dihibur dan dilayani dengan hotel, museum seni, gym, akuarium, dan bahkan bioskop.

Sejauh ini, Spaceport Jepang tidak lebih dari sekadar render komputer yang indah – tetapi SPJ berharap dapat mengubah konsep tersebut menjadi kenyataan “secepat mungkin” untuk memperluas industri luar angkasa negara tersebut.(*)

Sumber ; translate dari weforum.org

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO Combo Sakti Telkomsel