KPU Karimun Minta Masyarakat dan Paslon Bersabar, Proses Rekapitulasi PPK Berakhir 14 Desember 2020

KPU Karimun Minta Masyarakat dan Paslon Bersabar

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karimun pada Pilkada serentak telah usai, di sejumlah TPS yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, yang digelar pada Rabu (9/12/2020).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun sendiri telah memproses pemungutan suara pada 555 TPS, dan hingga saat ini kotak suara berada di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang berada di setiap kecamatan.

“Untuk proses rekapitulasi perhitungan suara di tingkat PPK, sesuai dengan jadwal akan dilakukan mulai tanggal 10 hingga 14 Desember 2020,” terang Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko, Kamis (10/12/2020).

PKP EXPO

Eko menambahkan, apabila rekapitulasi tingkat Kecamatan selesai, maka selanjutnya akan dilakukan rekapitulasi tingkat Kabupaten yang akan disejalanjan dengan Pleno penetapan pemenang Pilkada, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karimun.

“Dijadwalkan terhitung sejak tanggal 14 hingga 17 Desember 2020,” sebut Eko.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Karimun, agar tetap bersabar menunggu hasil resmi Pilkada serentak 2020 dari real count KPU.

“Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan bersabar, hingga hasil resmi dari KPU Karimun pada sidang pleno rekapitulasi diumumkan,” pungkasnya.

Saling Klaim Kemenangan Paslon di Pilkada Serentak Versi Timses hingga Pengusung

Meski hari pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020 telah berakhir, euforia kemenangan masih terasa di antara nama-nama pasangan calon yang menurut hasil hitung cepat dari sejumlah lembaga survei, telah menggungguli rivalnya.

Seperti halnya yang diungkapkan oleh Ketua Koalisi Pemenangan Tim ARAH, M. Yusuf Sirat.

Dirinya menyebut, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun, dengan nomor urut satu Aunur Rafiq beserta Anwar Hasyim menyatakan meraih kemenangan tipis dengan selisih 1,6 persen.

“Berdasarkan formulir C1 yang direkapitulasi oleh tim pemenangan ARAH, dari hasil total suara sah sebanyak 109.116 suara, dimana ARAH meraih 55456 suara (50,8 persen) dan BERSINAR meriah 53660 suara (49,5 persen) dari suara yang masuk di 555 TPS, sehingga terdapat selisih suara sebanyak 1796 suara dan InshaAllah ARAH akan menang dengan selisih tipis 1,6 persen,” paparnya.

Sementara itu ditempat terpisah, Pasangan calon (Paslon) nomor urut 2 Iskandarsyah-Anwar Abu Bakar (BERSINAR) mengklaim kemenangan pada perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Karimun.

Tim Paslon dengan jargon BERSINAR tersebut, telah merampungkan penghitungan salinan seluruh formulir C1 dari 555 TPS di Kabupaten Karimun.

“Ini real count, Alhamdulillah BERSINAR telah menyelesaikan seluruh penghitungannya 100 persen salinan C1 pada tiap-tiap TPS,” sebut Iskandarsyah.

Menurutnya, dari hasil perolehan pemungutan suara tim BERSINAR, yaitu sebanyak 56.340 suara, sedangkan untuk pasangan calon ARAH dari hasil penghitungan “BERSINAR” sebanyak 55.008 suara.

“Menang tipis dengan selisih 1332 suara, data yang diperoleh dari tim BERSINAR tersebut,” ungkapnya.(*)

Reporter Aziz Maulana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG