Rayakan Natal di Masa Covid-19, HKBP Lubukbaja Batam Berbagi Sosial ke Kaum Difabel dan Sakit Menahun

554

WartaKepri.co.id, BATAM -Perayaan Natal gabungan dan Natal Diakonia dilaksanakan pada hari(Sabtu,26/12/2020)sekira pukul 17.00 WIB masih dalam kondisi pandemi Covid-19,meski dalam kondisi pandemi tidak mengurangi kemeriahan jemaat untuk mengikuti ibadah perayaan Natal dengan penuh hikmat dan sukacita.

Pimpinan jemaat Gereja HKBP L.Baja Resort Batam,Pdt.Belman Hutahaean,M.Div telah memberikan izin pelaksanaan perayaan Natal yang tiap tahun ini dengan jumlah terbatas sekitar 20 persen dari kapasitas Gereja HKBP Lubuk Baja Resort Batam yang mencapai 3000 orang.

Belman menjelaskan bagi jemaat yang hadir juga akan dibagi menjadi dua bagian yakni jemaat yang berada di dalam gereja dan di balkon atas gereja.

“Perayaan Natal kali ini tidak melibatkan seluruh jemaat dari kaum bapak,ibu dan muda-mudi mengingat masih dalam kondisi pandemi,maka pihak panitia mengambil inisiatif dengan melaksanakan ibadah melalui dua cara yakni melalui live streaming dan tatap muka,”ujar Pdt.Belman Hutahaean,M.Div.

Perayaan Natal dimasa pandemi mengambil tema yang telah disiapkan oleh Persekutuan Gereja Gereja Indonesia (PGI) ialah “Dan Mereka akan menamakan Dia Imanuel”

Tema tersebut diambil dari alkitab(Matius1;23),sedangkan Sub Temanya “Bersukacitalah sebab Yesus datang membawa pemulihan dan keselamatan dunia”

Hal senadah disampaikan ketua panitia perayaan Natal,St.Gunawan Panjaitan mengatakan bahwa dalam pelaksanaan ibadah secara tatap muka tentu dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat  sebagai penerapan paling dasar yaitu 3M yaitu, memakai masker,mencuci tangan dan menjaga jarak.

Perayaan Natal dimasa pandemi Covid-19 ini terbilang cukup diatur singkat dengan durasi hanya 90 menit. Setiap rangkaian acara sudah diaturkan pihak panitia untuk durasi setiap kegiatan.

“Benar,setiap sesi acara seperti liturgi kaum bapak,kaum ibu,kaum muda-mudi dan koor persembahan kaum ibu telah diaturkan durasi waktu kegiatannya,”jelas Gunawan Panjaitan.

Perayaan Natal gabungan dan Natal Diakonia ini berjalan cukup hikmat dan sukacita yang diiringi alunan musik kontemporer yang cukup merdu. Selain itu acara perayaan Natal tersebut juga semakin haru dimana pihak majelis gereja dan panita memberikan bantuan sosial terhadap kaum difabel serta bantuan materi terhadap jemaat yang sakit menahun melalui perwakilan dari pihak keluarga.

Setelah ibadah Natal berakhir para jemaat juga diminta untuk tidak berkerumun dan segera beranjak meninggalkan gereja.  Majelis dan Penetua Gereja HKBP Lubuk Baja Resort Batam juga memastikan setiap selesai ibadah selalu dilakukan penyemprotan disinfektan pada setiap kursi dan pintu gereja,agar jemaat aman dan nyaman dari wabah Covid-19.(rilis)

PKP HIMALAYA DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel