Kenang Pertempuran Laut Aru di Hari Dharma Samudera, TNI AL Tabur Bunga di Perairan Karimun

Hari Dharma Samudera
Hari Dharma Samudera

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Jajaran Mako Lanal Tanjungbalai Karimun memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2021 bersama Forkopimda Kabupaten Karimun dengan cara menaburkan bunga ke laut, Jumat (15/1/2021).

“Peringatan Hari Dharma Samudera yang diperingati setiap tanggal 15 Januari ini guna memperingati semangat para pahlawan yang gugur pada pertempuran Laut Aru,” ungkap Danlanal Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (P) Maswedi.

Maswedi menyebut, sejarah mencatat dalam pertempuran Laut Aru antara Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) melawan Belanda terjadi di perairan Maluku pada 15 Januari 1962. Dalam peristiwa yang kini diperingati sebagai Hari Dharma Samudera tersebut, Yos Sudarso gugur sebagai Pahlawan bangsa.

BACA JUGA Donor Darah Jelang HUT ke-58 Korps Wanita TNI AL yang Bertugas di Tanjungpinang

“Mengenang tenggelamnya KRI Macan Tutul yang dipimpin oleh Laksamana Madya TNI Yosaphat Soedarso, dalam mempertahankan NKRI,” kata Maswedi.

Rencananya, ungkap Danlanal peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2021 ini akan dipusatkan di Natuna, yang akan dipimpin langsung oleh Kasal.

“Karena terjadinya musibah pesawat Sriwijaya Air SJ-182, maka Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono memerintahkan seluruh kesatuan KRI untuk membantu evakuasi pesawat Sriwijaya,” paparnya.

Dengan momentum peristiwa yang terjadi pada 15 Januari 1962 tersebut, yang melibatkan tiga Kapal Republik Indonesia (KRI), yakni KRI Harimau, KRI Macan Tutul, dan KRI Macan Kumbang, yang sedang menjalankan operasi senyap untuk mengintai kekuatan armada Belanda di wilayah Irian Barat, Danlanal Tanjungbalai Karimun mengharapkan agar para prajurit khususnya di Mako Lanal TBK, memiliki nilai-nilai luhur untuk mempertahankan NKRI.

BACA JUGA Alat PCR Segera Tiba di RS Ahmad Tabib, Tinjau KRI Semarang Pjs Gubernur Bahtiar Ucap Kasih ke TNI AL

“Seperti halnya para pahlawan yang telah gugur, dengan tujuan akhir operasi tersebut yakni untuk membebaskan Irian Barat dari cengkeraman Belanda,” ungkapnya.

Rangkaian pelaksanaan kegiatan dalam memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2021, Mako Lanal Tanjungbalai Karimun juga melaksanakan kegiatan anjangsana, donor darah serta kegiatan sosial lainnya. (aziz)

DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMKO BATAM FANINDO Combo Sakti Telkomsel