Kanwil DJBC Karimun Berikan Awards ke Perusahaan Eksportir hingga Agen Pelayaran Terbaik di Masa Pandemi Covid

BC Karimun
Penghargaan Bea Cukai Karimun Tahun 2021

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) B Tanjungbalai Karimun, berikan penghargaan perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Karimun. Pihak Bea Cukai Karimun serahkan penghargaan di ruangan PSO, Kanwil DJBC Khusus Kepulauan Riau, Rabu (27/1/2021).

Meski dalam keadaan pandemi COVID-19, kondisi yang sulit perusahaan-perusahaan tersebut masih dapat memberikan kontribusi yang baik bagi negara, sehingga target dapat terpenuhi dengan baik.

Turut serta dihadiri oleh Kepala Kanwil DJBC Khusus Kepulauan Riau, yang diwakili oleh Kepala PSO Bea dan Cukai Type A Tanjungbalai Karimun, Kholis K, Bupati Karimun, yang diwakili oleh Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim.

Kepala KPPBC TMP B, Agung Marhaendra Putra, perwakilan dari PT. Oil Tanking Karimun, Senior S and C PT. Saipem TBK, PT. Timah TBK, PT. Inmas Sunshine, PT. Karimun Granite, PT. Pasific Granitama, PT. Karimun Sembawang Shipyard, PT Multi Ocean Shipyard, PT. Wira Penta Kencana, PT Karimun Manggala, CV. Bandar Karimun, CV. Gebrina Rizki, Niken Arika Dari PT. Cuaca Marine Shipyard, serta Perusahaan Teow Tiang.

Kepala KPPBC TMP B Tanjungbalai Karimun, Agung Marhaendra Putra menyebut, untuk saat ini baru empat perusahaan yang diberikan penghargaan.

“Pertama kategori perusahaan Free Trade Zone (FTZ), dimana sebagai pembayar Bea masuk terbesar, meliputi dari perusahaan PT. Saipem Indonesia, PT. Multi Ocean Shipyard dan PT. Karimun Marine Shipyard, dan berhasil diraih oleh PT. Saipem Indonesia,” paparnya.

BACA JUGA Penjelasan Bea Cukai Pusat Terhadap Aksi Kejar-Kejaran Kapal High Speed di Perairan Riau dan Berujung Penembakan

Selain itu, menurut Agung terdapat katagori perusahaan eksportir dengan kontribusi devisa ekspor terbesar, meliputi PT. Timah Tbk, PT. Teow Tiang dan PT. Saricotama Indonesia, diraih oleh PT. Timah Tbk.

“Dan selanjutnya kategori perusahaan Terbaik, diantaranya PT. Inmas Sunshine, PT. Oil Tanking Karimun, dan PT. Karimun Granite, dan berhasil disabet oleh PT. Oil Tanking Karimun,” pungkasnya.

Dan yang terakhir, kata Agung kategori agen pelayaran terbaik, yakni dari PT. Cuaca Marine Shipyard, PT. Sandico Ocean, CV. Gebrina Rizki, dan PT Nasional Global Karimun.

“Dan CV Gebrina Rizkilah yang berhasil meraih penghargaan untuk agen pelayan terbaik,” pungkasnya.

Untuk indikator peraih nominasi perusahaan yang berhasil diraih oleh, secara garis besarnya Agung sendiri mengungkapkan kontribusi perusahaan-perusahaan tersebut kepada negara, khususnya masyarakat di wilayah Kabupaten Karimun itu sendiri.

BACA JUGA Sinergitas TNI-Polri, Pertemuan KKSS Batam di Kanwil BC Karimun Berjalan Lancar dan Kondusif

“Salah satunya sebagai perusahaan pembayar terbaik, untuk melaksanakan kegiatannya tidak pernah melakukan tindakan ilegal,” sebut Agung.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Karimun mengapresiasi kinerja yang telah dilakukan oleh KPPBC TMP B Tanjungbalai Karimun.

“Pemberian Awards, New Chance And New Challenge ini sangat baik, khususnya bagi para pengguna jasa, dan memiliki nilai tambah, sehingga mampu untuk disipilin kewajiban perusahaan,” kata Anwar.

Terlebih Anwar mengungkapkan secara rutin, untuk selalu mengingatkan kepada OPD-OPD atau dinas terkait lainnya, agar bagaimana mampu memberikan peringatan untuk selalu taat dan patuh.

“Guna memberikan kontribusi diwilayah Kabupaten Karimun, jadi perusahaan dapat mengambil keuntungan perusahaan, akan tetapi perusahaan tersebut juga peduli terhadap pembangunan di Kabupaten Karimun melalui kepatuhan perusahaan-perusahaan tersebut didalam menyelesaikan kewajibannya,” tutur Anwar.

Reporter Aziz Maulana

BC Karimum

DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMKO BATAM FANINDO Combo Sakti Telkomsel