Ketua ABUJAPI Kepri Dwifung: Baju Seragam Satpam Mirip Polri Jangan Sampai Disalahgunakan

Seragam Satpam
ABUJAPI Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Kepri
PKP Online

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) Provinsi Kepri melaksanakan rapat kerja daerah (Rakerda) ke I pada tahun 2021.

“Alhamdulillah kita hari ini Rabu (27/1/2021) di Aston Hotel Residence, melaksanakan kegiatan rapat kerja daerah sebagai acuan dalam struktur organisasi jasa pengamanan yang wajib melaksanakannya,”terang Dwifung, Ketua ABUJAPI Kepri.

Dikatakannya, sejumlah program yang kita bahas dalam rapat kerja daerah ini. Diantaranya, soal persamaan baju seragam satuan pengamanan (Satpam) mulai 2021 seragam dirubah.

“Jadi, untuk waktu kesamaan baju seragam satpam diminta sampai Agustus ini agar semua pengusaha jasa pengamanan wajib memakai seragam baru.

Ia menjelaskan, soal adanya kesamaan dengan seragam Polri, itu akan kita sosialisaikan ke pengusaha jasa pengamanan supaya diseragamkan,”

“Jadi pihaknya berharap dengan disamakan baju seragam mirip dengan Polri, jangan sampai disalahgunakan khsusus pekerja,” Jelasnya.

Dwifung menuturkan, perubahan warna seragam itu sesuai Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perkap) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengaman Swakarsa dan sudah diundangkan sejak 5 Agustus 2020.

“Tidak ada permasalahan lagi terkait masalah seragam baju seragam mirip polri tersebut, hanya saja karena ini mirip dengan baju polisi, maka ia meminta agar jangan sampai disalahgunakan,”tuturnya.

BACA JUGA Ditreskrimum Polda Kepri Amankan Satu “Tekong” dan Selamatkan 6 Korban Pekerja Migran Ilegal di Batam

Sementara itu, ditempat yang sama juga diutarakan ketua BPP ABUJAPI Pusat Agoes Darmawan, mengatakan hingga kini jasa usaha pengamanan seluruh Indonesia sudah mulai menerapkan perubahan seragam baru yang lebih mirip dengan baju seragam polisi. Bahkan sesuai dengan pangkat.

“Dengan aturan tersebut, pihaknya mengharapkan para pengusaha jasa pengamanan yang tergabung dalam ABUJAPI bisa menerapkannya,”kata Darmawan.

Meskipun aturan ini baru dilakukan, tentu mulai dari sekarang harus di sosialisaikan kepada para pekerja jasa pengaman Satpam agar bisa menerapkan seragam baju yang baru,”ungkapnya.

Karena rencana penyeragaman baju coklat mirip dengan seragam polisi ini ditargetkan sampai Agustus 2021 ini semua wilayah Indonesia sudah sama,”pungkasnya.(*)

Kiriman Taufik Chaniago

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel