Goro Mako Lanal TBK Target Bersihkan 16 Ton Eceng Gondok dari Danau Taman Hijau Karimun

Eceng Gondok
Goro Mako Lanal TBK Target Bersihkan 16 Ton Eceng Gondok dari Danau Taman Hijau Karimun

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Jajaran Mako Lanal Tanjungbalai Karimun terus berupaya mewujudkankan Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau agar selalu bersih dan nyaman.

Danlanal Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (P) Maswedi memimpin langsung upacara apel gotong-royong membersihkan danau dari gulma, jenis tumbuhan air mengapung (eceng gondok), Jum’at (19/2/2021).

Pelaksanaan kegiatan yang dipusatkan pada Taman Hijau Karimun, atau tepatnya di depan RSUD HM Sani, yang menjadi icon bagi masyarakat Bumi Berazam, turut serta dihadiri oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Karimun, beserta komunitas, nelayan dan masyarakat sekitar.

Seusai melaksanakan upacara apel, Danlanal Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (P) Maswedi menekankan kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Karimun, khususnya yang berada di sekitar danau, agar senantiasa selalu menjaga kebersihan lingkungan.

“Pada tahun 2021 ini, jajaran Mako Lanal Tanjungbalai Karimun memiliki program Cinta Laut Bersih Karimun (CLBK),” terang Maswedi.

BACA JUGA Warga Binaan dapat Penyuluhan dari Denpomal Lanal Karimun, Karutan: Ini Energi Positif

Karena menurutnya, meskipun fokus pada kelautan, akan tetapi habitat di daratan, maka tidak mengesampingkan kebersihan lingkungan yang ada di dataran juga.

“Salah satunya yang menjadi keresahan warga masyarakat Karimun yakni, banyaknya pertumbuhan tanaman gulma jenis eceng gondok di Taman Hijau ini yang sangat pesat,” pungkasnya.

Oleh karena itu, kata Perwira Angkatan Laut kelahiran Sampang Madura, 26 Januari 1978 ini, Mako Lanal Tanjungbalai Karimun mempelopori sekaligus menginisiasi pelaksanaan kegiatan untuk membersihkan tanaman gulma eceng gondok tersebut.

“Dengan volume yang cukup besar, kami menyadari tidak akan rampung hari ini, namun demikian dengan terlaksananya kegiatan ini setidaknya dapat menggugah masyarakat Karimun, agar terus mengupayakan Kabupaten Karimun selalu nyaman dan bersih,” tandasnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karimun, Sugianto sangat mengapresiasi sekaligus mengucapkan terimakasih kepada jajaran Mako Lanal Tanjungbalai Karimun, yang telah menjadi pelopor dan baru pertama kalinya diselenggarakan kebersihan tanaman eceng gondok.

“Luar biasa Mako Lanal Tanjungbalai, yang telah memprakarsai terselenggaranya pelaksanaan kegiatan ini, tentu saja sangat membantu Pemerintah Kabupaten Karimun dalam hal kebersihan dan lingkungan hidup,” kata Sugianto.

Sehingga menurut Sugianto, besar manfaatnya tentunya, baik dari Pemkab Karimun sendiri maupun Dinas Lingkungan Hidup untuk mensuport.

“Sangat mendukung, semoga kegiatan bersih danau ini akan menyusul institusi maupun organisasi lainnya yang bekerjasama dengan Pemkab, agar danau menjadi lebih bersih dan baik lagi, sehingga dapat dipergunakan bagi masyarakat,” paparnya.

Selanjutnya, kata Sugianto sebanyak 16 ton tanaman gulma eceng gondok ini akan dipergunakan untuk pupuk kompos dan pakan ternak.

“Tanaman eceng gondok ini yang nantinya akan di daur ulang kembali menjadi pupuk kompos dan juga pakan ternak,” paparnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua komunitas Seabrotherhood, David. Menurutnya, komunitas yang beranggota 40 orang ini sangat mendukung program dari Mako Lanal Tanjungbalai Karimun.

“Kami sangat berterimakasih kepada Angkatan Laut, karena sudah mengundang kami dari komunitas, artinya kami diperbolehkan untuk berkolaborasi antara Mako Lanal Tanjungbalai Karimun dengan Seabrotherhood,” ujar pria berkacamata tersebut.

Karena ungkap David, semangat dari pemuda dan pemudi Seabrotherhood, terutama rekan-rekan yang turut bersumbangsih, terjun langsung kelapangan.

“Alhamdulillah seluruh anggota Seabrotherhood sangat mendukung sekaligus mengapresiasi,” ujarnya.

David membeberkan, sesuai dengan visi dan misi yang juga diterapkan pada progam dari Mako Lanal Tanjungbalai Karimun sendiri, Seabrotherhood ini merupakan komunitas pecinta lingkungan.

“Kami komunitas yang peduli terhadap kebersihan lingkungan, dari sampah-sampah plastik, baik yang ada dilaut, terutama di pesisir laut, dan Allhamdulillah kegiatan kita setiap bulannya selalu terlaksana dengan lancar dan baik,” tandasnya.(*)

Reporter Aziz Maulana

DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMKO BATAM FANINDO Combo Sakti Telkomsel