Inovasi Pelayanan Prima Kejari Karimun, Antar Gratis Barang Bukti Kepada Pemilik

Salah satu warga Nuraini merasa senang sepeda motornya dapat kembali, berkat adanya Layanan Prima dari Kejaksaan Negeri Karimun. (Foto : Aziz Maulana).
PKP Online

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, meskipun dimasa pandemi COVID-19, korps Adhyaksa Kejaksaan Negeri Tanjungbalai Karimun menyediakan layanan pengantaran barang bukti perkara langsung ke rumah warga secara gratis.

Barang bukti perkara yang telah inkrah di Pengadilan tersebut, selanjutnya akan di serahkan kepada pemiliknya langsung kerumah masing-masing.

Layanan antar barang bukti ini merupakan salah satu inovasi layanan prima Kejaksaan Karimun untuk memberikan akses kemudahan bagi masyarakat, selain itu dengan membatasi ruang gerak masyarakat, sekaligus layanan ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Kepala Seksi Barang Bukti Kejari Karimun, Didik Haryadi menjelaskan bahwa, untuk dapat menikmati layanan tersebut, masyarakat harus menyediakan berkas dokumen dan formulir yang harus diisi.

“Layanan pengembalian barang bukti ini tidak dipungut biaya (gratis) sama sekali, dengan catatan apabila pemilik dapat melampirkan bukti kepemilikan, maka pemilik dapat mengambil barang bukti tersebut di kantor Kejaksaan Negeri Karimun,” terang Didik, beberapa waktu lalu.

Selain itu, menurutnya untuk dapat mengetahui status dan pengambilan barang bukti, masyarakat dapat menghubungi nomor Call Center pada nomor 081268006014, dengan format foto bukti kepemilikan, foto KTP dan data perkara.

“Bukti kepemilikan barang bukti, alamat tempat diantarkan barang bukti, sehingga petugas melakukan pengecekan dan konfirmasi atas barang bukti tersebut,” paparnya.

Pelayanan antar barang bukti gratis tersebut, dengan menggunakan satu unit mobil yang merupakan bantuan dari Kejagung Republik Indonesia pada akhir tahun 2020 lalu.

“Layanan antar barang bukti ini telah beroperasi dari bulan Januari hingga saat ini, dan salah satu contoh layanannya adalah pengantaran barang bukti berupa dua unit sepeda motor curian pada pemilik aslinya,” ungkap Didik.

Sementara itu salah seorang warga yang menikmati layanan antar barang bukti gratis ini adalah Sri Murni. Dirinya sangat senang dan terharu, tidak menyangka sepeda motornya bisa kembali lagi.

“Tentunya merasa senang dan terharu motor saya yang hilang kini dikembalikan lagi oleh Kejaksaan Negeri Karimun,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Nuraini. Dirinya sangat senang karena sudah empat bulan harus naik ojek dan angkutan umum (angkot) untuk berangkat kerja, karena sepeda motornya telah raib digondol pencuri.

“Sangat mengapresiasi sekaligus mengucapkan terimakasih kepada Kejaksaan Negeri Karimun, yang telah banyak membantu saya,” ujarnya. (Amn).

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel