Peringati HKBN Ke IV Bupati Anambas Berpesan Bersama Masyarakat Cegah Bencana

90

Wartakepri.co.id, Anambas – Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris,SH pimpin langsung upacara Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) ke IV tahun 2021, kegiatan tersebut berlangsung di lapangan bola kaki Kelurahan Letung Kecamatan Jemaja, Anambas, Kepri,Senin (26/4/2021).

HKBN diperingati setiap tanggal 26 April setiap tahunnya, hal ini dilakukan karena bertepatan dengan lahirnya Undang-undang Nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana.

HKBN yang dilaksanakan bertujuan untuk membudayakan latihan untuk meningkatkan kesadaran, kewaspadaan, kesiapsiagaan masyarakat indonesia khusus masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas yang tangguh bencana.

BACA JUGA: Bupati Anambas Ucapkan Belasungkawa ke KRI Nanggala 402, Danlanal Ucapkan Terima Kasih

“Masyarakat sebagai ujung tombak dalam melakukan pencegahan serta kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman-ancaman bencana alam maupun bencana non alam dan menentukan langkah yang dapat diambil dalam mengurangi resiko-resiko terjadinya bencana,” ungkap Abdul Haris,SH kepada awak Media.

Potensi bencana alam akan bisa terjadi diwilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, namun bencana yang dihadapi tidak terlaku ekstrim, bencana yang pernah terjadi di Anambas antara lain seperti tanah longsor, banjir, puting beliung, air pasang dan yang saat ini bencana non alam yaitu Covid-19, Oleh karena itu di HKBN ini merupakan momentum menciptakan upaya-upaya membangun kesiapsiagaan masyarakat secara sistematis, terpadu dan terkoordinasi agar efisien terhadap kerentanan bencana di suatu wilayah.

“Saya berharap kepada semua pihak dapat memperkuat pencegahan-pencegahan apabila adanya potensi bencana tersebut bersama masyarakat dalam tanggap bencana, segera laporkan ke instansi terkait jika ada hal hal yang mungkin kita ketahui terlebih dahulu sehingga penindakan dan penanganan bisa segera bisa di atasi,” ucap dia.

Kegiatan Upacara HKBN tahun ini sangat berbeda, dimana semua peserta menggunakan masker dan menjaga jarak karena kegiatan HKBN diperingati di masa Pandemi Covid-19. (Rama)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel