Pemkab Karimun Apresiasi Pencanangan Kampung Tangguh Bersih Narkoba di Wilayah Rawan

375
Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan, beserta Bupati Karimun,Aunur Rafiq didampingi jajaran Forkopimda Kabupaten Karimun, meresmikan kampung tangguh bersih narkoba, ditandai dengan pengguntingan pita, di Kelurahan Sungai Lakam Timur, Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau. (Foto : Aman)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq menyambut baik serta mengapresiasi langkah Polres Karimun untuk mencanangkan kampung tangguh bersih narkoba.

Bupati mengharapkan agar kedepannya tidak ada lagi peredaran narkoba, khususnya diwilayah Kabupaten Karimun.

“Pemkab Karimun sangat mendukung sekaligus mengapresiasi, dengan dilaksanakan Kampung Tangguh Bersih Narkoba secara nasional, mulai dari jajaran Polda hingga Polres, dan merupakan program dari pemerintah pusat,” terang Bupati, Rabu (23/6/2021) di Kelurahan Sungai Lakam Timur.

Sehingga kata Rafiq kedepannya akan mampu menekan angka peredaran narkoba, khususnya diwilayah hukum Polres Karimun.

PKP HIMALAYA

“Mengantisipasi sekaligus memutus peredaran narkoba, harus dibasmi dan ditiadakan, dan dapat terwujud dengan adanya peran serta dan dukungan masyarakat, juga penting sekali,” paparnya.

Sehingga menurut Bupati masyarakat dapat memberikan informasi-informasi, kesadaran dari masyarakat, sekaligus mampu berkoordinasi dengan Pemkab dan juga pihak kepolisian.

“Bayangkan saja dalam tahun ini saja terdapat 10 kg narkotika jenis sabu yang berhasil diungkap oleh Polres Karimun, yang mampu dikonsumsi 50 ribu orang, dengan nilai mencapai lebih dari Rp 20 miliar,” pungkasnya.

Sehingga diharapkan dengan pencanangan kampung tangguh bersih narkoba, khususnya di Kelurahan Sungai Lakam Timur ini akan benar-benar bersih dari peredaran narkoba.

“Dengan kerjasama seluruh Stakeholder terkait lainnya, beserta jajaran Forkopimda Kelurahan, mampu memberantas peredaran barang haram tersebut,” tandasnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan mengharapkan, agar masyarakat dapat saling bahu-membahu, mendukung program kepolisian dan pemerintah dalam memberantas peredaran narkoba, diwilayah hukum Polres Karimun.

“Baik mencegah maupun membantu pihak kepolisian dalam menyampaikan informasi, terkait narkoba,” kata Adenan.

Kapolres mengungkapkan, jangan sampai setelah dilaksanakannya deklarasi, malah wilayah Kelurahan Sungai Lakam Timur sendiri yang menjadi sarang peredaran narkoba.

“Terlebih Kabupaten Karimun ini berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti Malaysia, sehingga sangat diperlukan adanya anti bodi pada masing-masing Kelurahan maupun Desa,” ujarnya.

Untuk Tim yang dibentuk, kata Kapolres berasal dari inisiatif jajaran Polres Karimun, khususnya Tim Panther Satnarkoba.

“Dan selanjutnya bekerjasama dengan pihak Kelurahan, dan pihak Kelurahan sendiri yang nantinya akan bertanggungjawab beserta pihak Rukun Tetangga maupun Rukun Warga setempat,” sebut Kapolres.

Sehingga menurutnya, anti bodi inilah yang nantinya akan disosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Masyarakat sebagai garda terdepan, bersama RT, RW dan Kelurahan yang nantinya mampu membasmi peredaran narkoba, sehingga terwujud kampung bersih yang diharapkan,” pungkasnya.

Aman

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel