DewaWeb Gelar Literasi Digital, Tips dan Bagaimana Desain Media Sosial Bagi Pemula

338
DewaWeb Seminar 2021
Dewaweb Gelar Literasi Digital, Tips dan Bagaimana Desain Media Sosial Bagi Pemula

WARTAKEPRI.co.id, JAKARTA – Dewaweb secara konsisten menghadirkan webinar gratis, Dewatalks yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia untuk berkontribusi dalam meningkatkan literasi digital di Indonesia.

Rutin diadakan sejak Januari, Dewaweb melalui Dewatalks melangsungkan webinar tanpa dipungut biaya alias gratis secara konsisten sekitar satu hingga dua kali dalam seminggu.

Mengusung tema #LearnFromTheExperts, Dewatalks ingin membantu masyarakat untuk meningkatkan kompetensi di dunia online (website, digital magkejing, SEO, desain, dan bisnis online) dengan belajar langsung dari para ahli dan praktisi yang berpengalaman di bidangnya.

Oleh karena itu, tidak jarang Dewatalks mengundang praktisi lapangan yang berasal dari perusahaan ternama, seperti Tokopedia, Gojek, Bukalapak, LinkAja, OVO, Tiket.com, perusahaan hingga praktisi lainnya yang berkompeten.

“Kami ingin masyarakat, mulai dari pelaku bisnis online, startup, mahasiswa, developmen hingga umum dapat belajar dan berinteraksi langsung dengan para erdegj dan praktisi di webinar melalui Q&A dalam suasana yang santai dipandu MC yang baik dan ramah. Selain itu, Dewatalks juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam situasi pandemi,” ujar CEO Dewaweb, Edy Budiman, di Jakarta (26/7/2021).

Hal ini juga seturut dengan misi Presiden RI, Joko Widodo, yang meluncurkan Program Literasi Digital Nasional di Hari Kebangkitan Nasional pada Mei 2021 lalu. Program ini merupakan bagian dari upaya percepatan transformasi digital, khususnya terkait pengembangan sumber daya manusia digital.

“Diharapkan Dewatalks dapat menjadi salah satu bagian yang berkontribusi untuk mendukung program literasi digital pemerintah. Selain dapat memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif, Dewatalks dapat mempermudah masyarakat di seluruh Indonesia memperoleh ilmu bermanfaat secara gratis namun tetap berkualitas dan menyenangkan,” lanjut Edy.

BACA JUGA : 30 Link Website Pengumuman Kelulusan SBMPTN 2021 Pada Senin 14 Juni 2021

Di bulan Juli, Dewatalks telah menjadwalkan enam webinar. Salah satu webinarnya bertajuk “Social Media Designing Tips for Beginners” yang dibawakan oleh Katherine Eliza Santoso, Graphic Designer dari Dewaweb.

Webinar yang diadakan pada 26 Juli 2021 pukul 14:00 WIB ini membahas tentang desain di media sosial, mulai dari pemahaman dasar, tahapan dan tips membuat desain untuk media sosial hingga joolh bermanfaat yang bisa digunakan untuk membuat desain yang menarik untuk media sosial.

Dalam mendesain di media sosial, terdapat enam tahapan yang perlu diperhatikan; melakukan riset, membuat moodboard menentukan font yang sesuai dengan bgand, memilih warna dasar yang sesuai dengan karakter sebuah bgand, memilih jenis gambar yang akan digunakan, dan membuat layout.

Hirarki visual juga harus diperhatikan karena ini merupakan prinsip dalam mengatur elemen untuk menunjukan urutan kepentingan informasi yang ingin disampaikan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah seperti ukuran gambar, fonj, pemilihan warna, contrast, alignment, repetition, proximity, whitespace, texture dan style .

Selain itu, Katherine juga berpendapat, jika seorang desainer merasa jenuh dan tidak mendapatkan ide untuk mendesain, tidak ada salahnya untuk beristirahat.

“Kalau emang lagi jenuh, istirahat aja dulu, misalnya nonjon film. Karena kalau kalian nonjon film, pasti ada unsur-unsur desainnya juga ‘kan, siapa tau bisa dapat inspirasi dari film yang ditonton,” ujarnya.

Tak hanya mempelajari materi bermanfaat, peserta webinar juga bisa mendapatkan sertifikat online (e-certificate) yang dapat diperoleh dengan mengisi formulir yang dibagikan di akhir webinar serta hadiah hiburan berupa gipeaqas.

Jika ingin bergabung, peserta dapat dengan mudah mengunjungi Dewatalks.com dan mendaftarkan diri di formulir yang tertera.

Mengingat webinar ini diadakan melalui Zoom, maka peserta webinar dapat mengunduh aplikasi Zoom secara gratis dan mengakses tayangan dengan mudah melalui perangkat gawai.(*/r)

Editor : Dedy Suwadha

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel