Bupati Anambas Serahkan Bantuan Alat Tanam Padi Dari Kementerian ke Gapoktan Jemaja Timur

79

Wartakepri.co.id, Anambas – Abdul Haris. SH Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas serahkan Alat Penanam Padi (Transplanter) sebanyak 2 (dua) unit kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sami Jaya Desa Bukit Padi Kecamatan Jemaja Timur Kepulauan Anambas.Senin, 13/9/2021

Alat Transplanter Padi tersebut l, berasal dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang di alokasikan melalui Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan Kepulauan Anambas tahun anggaran 2021.

Tujuan dari bantuan ini untuk meningkatkan kemampuan produksi petani, dari semula cara penanamannya menggunakan konfensional (manual) menjadi mekanis (modern) bagi para petani yang ada di Kepulauan Anambas khususnya di Kecamatan Jemaja Timur Desa Bukit Padi.

Abdul Haris SH dalam penyampaiannya mengatakan bahwa saat ini dirinya masih terus berusaha untuk mengakses transportasi untuk memasarkan hasil panen masyarakat, karena saat ini yang menjadi kendalanya adalah jarak baik antar kabupaten maupun antar wilayah di provinsi Kepri, di kabupaten kepulauan Anambas untuk menjual hasil panen ke luar wilayah yang ada masih menjadi kendala yang serius untuk di perjuangkan, hal ini harus di gesa agar hasil panen masyarakat bisa terjual hingga ke luar daerah Anambas.

“Kita sedang memperjuangkan agar hasil panen masyarakat kita bisa terjual hingga ke luar daerah, bahkan kalau bisa tembus ke pusat, sehingga perekonomian masyarakat petani meningkatkan,” ucapnya.

Kemudian dirinya juga berharap dengan adanya bantuan Alat tanam padi ini bisa meningkatkan kemampuan produksi petani yang mana dari konfensional (manual) menjadi mekanis (modern), mati kita bersaing dengan wilayah lain di bidang pertanian.

“Gunakanlah alat ini dengan sebaik baiknya antar kelompok tani, saya berharap agar alat ini di rawat dengan sebaik baiknya agar alat ini bisa bertahan dan bermanfaat bagi keberlangsungan petani di kabupaten kepulauan Anambas khususnya di Desa Bukit Padi Kecamatan Jemaja Timur,” ucapnya lagi.

Mudah mudahan penyerahan bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat petani, dan semoga alat ini bisa membantu pendapatan para petani dalam mengolah lahannya terutama komoditas tanaman padi, mari kita tingkatkan ketahanan pangan kita agar masyarakat sejahtera.

Sementara itu Kusnadi Kepala UPT Perikanan Pertanian dan Pangan Kecamatan Jemaja Timur mengusulkan agar nantinya selain penyerahan Alat tanam pihaknya meminta untuk pengadaan alat pencabut tunggul, pasalnya lahan yang di miliki masyarakat masih banyak tunggul hal ini tentu menghambat dan mengurangi kwalitas tanaman padi.

“Kami berharap agar nantinya pemerintah daerah bisa mendengarkan usulan kami, selain bantuan Alat ini, kami juga berharap nantinya bantuan alat pencabut tunggul segera di realisasikan, kami mewakili kelompok tani mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang telah memberikan bantuan Alat tanam kepada masyarakat petani,” tuturnya.

Penyerahan Alat tanam tersebut di pimpin langsung oleh Abdul Haris. SH Bupati Kepulauan Anambas, dan di hadiri oleh Effi Sjuhairi Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan Anambas, Indra Gunawan.S.Hut Camat Jemaja Timur, M. Yamin Kepala Desa Bukit Padi, Kelompok Tani se Desa Bukit Padi Kecamatan Jemaja Timur.

Kegiatan Penyerahan Alat tanam padi tersebut, berlangsung di Kantor UPT Perikanan Pertanian dan Pangan Kecamatan Jemaja Timur di jalan Hos Tjokroaminoto gang Semangka Desun Pasir Desa Bukit Padi.(Rama)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel