Fenomena Matahari Cincin di Langit Karimun, Akibat Kristal Es Awan CS

131
Fenomena matahari cincin
Fenomena matahari cincin yang terjadi di Karimun merupakan fenomena optis berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari. Pada umumnya cincin matahari muncul disebabkan adanya kristal es di awan Cirrusstratus atau Cs, biasa disebut dengan awan tinggi. (Foto : Ist)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Fenomena langka matahari cincin yang terjadi di langit Tanjungbalai Karimun Kepulauan Riau, Sabtu (18/9/2021), menyita perhatian warga.

Sebagian warga mengabadikan dengan cara merekam video dan foto momen langka tersebut.

Kepala kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Raja Haji Abdullah Tanjungbalai Karimun, Ilham Syarief Putra menyebut, fenomena matahari cincin yang terjadi di Karimun merupakan fenomena optis berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari.

“Pada umumnya cincin matahari muncul disebabkan adanya kristal es di awan Cirrusstratus atau Cs, atau biasa disebut dengan awan tinggi,” terang Ilham.

Fenomena ini kata Ilham bergantung pada bentuk dan arah kristal es, cahaya matahari direfleksikan dan dibiaskan oleh permukaan es.

“Sehingga sinar matahari menjadi terpecah kedalam beberapa warna, karena proses pergerakan kontaminan melalui udara dan dipantulkan kearah tertentu,” paparnya.

Aman

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel