Faktor Teknis KM Patria Meranti Bermuatan 20 Ton Tenggelam di Perairan Moro, Empat ABK Selamat

KM Patria Meranti bermuatan barang-barang kelontong seberat 20 ton mengalami laka laut di perairan Moro.(Foto : Ist)


WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Laka laut kembali terjadi di perairan barat daya Pulau Citlim, Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (30/7/2022).

Sebuah KM. Patria Meranti yang dinahkodai oleh Candra mengalami kendala teknisi, dimana mesin dalam keadaan mati, sehingga air laut masuk kapal tersebut yang berada pada koordinat 0°.661099 U – 103°.906913 S.

“Iya benar, kembali terjadi kecelakaan laut KM Patria Meranti dengan kapasitas mesin 26 GT, ABK berjumlah empat orang berhasil selamat,” terang Danlanal Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (P) Joko Santoso.

Honda Capella

Selanjutnya kata Danlanal, kapal bermuatan barang-barang kelontong dengan total muatan 20 ton dari Tanjung Buton menuju Tanjupinang tersebut berhasil dievakuasi dengan menggunakan KRI Siwar-646 dan Sea Rider I.

“Dilaksanakan penyisiran di lokasi kejadian oleh tim SAR Lanal Tanjungbalai Karimun dan KRI Siwar-646, didapati kapal sudah tenggelam,” paparnya.

Masih kata Danlanal, Tim SAR memastikan ABK dalam keadaan selamat dan aman.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh kantor Karantina kesehatan Pelabuhan Tanjungbalai Karimun.

“Alhamdulillah kondisi ABK dalam keadaan sehat, tinggal berkoordinasi terkait pemulangan ABK kapal ke daerah masing masing,” tandasnya.(Aman)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News