Selamat HUT Kota Otonom Tanjungpinang ke-21, Pemprov Kepri akan Tata Kota Tanjungpinang

Kota Otonom Tanjungpinang tahun 2022
HUT Kota Otonom Tanjungpinang tahun 2022
HARRIS BARELANG

TANJUNGPINANG – Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Adi Prihantara menghadiri Upacara Peringatan Hari Jadi ke-21 Kota Otonom Tanjungpinang tahun 2022 di Aula Kantor Walikota Tanjungpinang, Senin (17/10/2022).

Sekdaprov Adi juga berharap, peringatan ini dijadikan momentum untuk dapat memperkokoh tugas dan tanggung jawab, meningkatkan kesadaran, kepekaan, dan kemampuan membaca persoalan- persoalan strategis untuk kemudian dijadikan agenda penting dalam mewujudkan Tanjungpinang yang lebih baik.

“Peringatan hari jadi ini juga dapat dijadikan sebagai wahana evaluasi atas apa yang sudah dilaksanakan Pemko Tanjungpinang selama ini,” imbuhnya.

Selanjutnya, Sekdaprov Adi mengatakan sebagai Ibukota Provinsi Kepri, Pemprov Kepri telah melaksanakan pemerataan dan percepatan pembangunan di Kota Tanjungpinang.

Yaitu, dengan mengembangkan Kota Tanjungpinang sebagai Pusat Pemerintahan, Pendidikan, Wisata Budaya Melayu, Industri Halal, dan Kawasan Free Trade Zone (FTZ) meliputi pembangunan jalan lingkar pesisir, serta pembangunan pedestrian dan median jalan Bandara Raja Haji Fisabilillah.

“Kemudian, pembangunan flyover Basuki Rahmat, gedung LAM Kepri, penataan kota lama dan kawasan cagar budaya pulau Penyengat, serta pengintegrasian pelabuhan pelantar satu dan dua,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjutnya, hari jadi ke-21 Kota Tanjungpinang ini hendaknya dijadikan sebagai momentum agar semua pihak berjuang lebih keras untuk menghasilkan kemajuan di provinsi Kepri, khususnya kota Tanjungpinang.

“Melalui kerja bersama dan saling berkontribusi, maka kita mampu menghadapi tantangan yang semakin tidak menentu sebagai perwujudan ekonomi, Kepri sejahtera” ujarnya.

Rahma Pimpin Upacara

Pada upacara peringatan Hari Jadi Kota Otonom Tanjungpinang ke-21 ini, Wali Kota Tanjungpinang Hj. Rahma bertindak sebagai pembina upacara. Ia mengatakan jika tema peringatan Hari Jadi Otonom Kota Tanjungpinang tahun ini adalah ‘Tanjungpinang yang Maju Bangkit Bersama Menuju Smart City Madani”.

“Makna dari tema tersebut ialah untuk mewujudkan sebuah kota yang maju dan berkembang diperlukan adanya suatu hubungan keterikatan yang baik sehingga menciptakan semangat gotong royong di tatanan masyarakat Tanjungpinang serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan,” terang Rahma.

Seiring dengan perjalanan panjang yang telah dilalui Tanjungpinang semenjak adanya Undang-undang Nomor 5 Tahun 2021 yang menetapkan Tanjungpinang sebagai kota otonom, terus dilakukan pembenahan dalam birokrasi dan pelayanan masyarakat sehingga kota Tanjungpinang dapat sejajar dengan kota lain di Indonesia.

Berbagai penghargaan telah diraih oleh Tanjungpinang di usia 21 tahunnya, antara lain Penghargaan Pembinaan Program Kampung Iklim tingkat kota tahun 2020, Penghargaan Kota Layak Anak predikat Madya, dan Anugerah Parahita Ekapraya yang menunjukkan keberhasilan Tanjungpinang dalam penyetaraan gender.

Rahma berharap peringatan Hari Jadi Otonom Kota Tanjungpinang tidak hanya menjadi seremonial belaka, namun menjadi momentum evaluasi bagi Pemerintah Kota Tanjungpinang.

“Jadikan hari ini momen refleksi tentang sejauh mana penyelenggaraan otonomi daerah bermuara pada kesejahteraan masyarakat Tanjungpinang,” tutupnya. (ky)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG