2 Jam Latihan Jurnalistik, 20 Peserta LDKS Siswa SMAN 17 Batam Sudah Mampu Menulis Berita

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa SMAN 17 Batam
Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa SMAN 17 Batam

HARRIS BARELANG

BATAM – Sebanyak 20 siswa peserta Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) SMAN 17 Batam sangat bersemangat dan antusias mengikuti pelatihan Dasar Jurnalistik yang diberikan oleh Tim Media WartaKepri.co.id, Rabu (18/1/2023) siang.

Materi pelatihan diberikan oleh Dedy Suwadha selaku Pemred WartaKepri.co.id yang juga Wakil Ketua PWI Kepri, mulai ilmu dasar, wawancara hingga menilis berita.

Untuk materi jurnalistik berupa apa itu berita, dan apa bedanya informasi yang bukan berita. Selain mempraktekan, tentang dasar 5 W + 1 H, peserta diberi contoh kerangka awal memulai tulisan.

Menutur Reza Kurniawan, peserta Diklat yang juga calon Ketua Osis SMAN 17 Batam terpilih, menyampaikan materi yang diberikan cukup jelas dan mudah dipahami serta ditiru.

Turut mendampingi pelatihan, sejumlah Guru dan menyampaikan tujuan pelatihan ini, agar pengurus OSIS baru aktif menulis kegiatan.

BACA JUGA Satu Jam Latihan, Belasan Siswa SMAN 20 Batam Sudah Mampu Menulis Berita

” Tahun 2023 ini, siswa terutama yang menjadi pengurus Osis ada tugas untuk menulis yang nanti akan dipublikasi di Website SMAN 17. Namanya, ada piket menulis,” kata Ikhsan Guru Bahasa Indonesia SMAN 17 Batam.

Sebagai pemateri, Dedy Suwadha memberikan trik trik mudah menulis, terkhusus menulis sebuah profil. Setelah mengetahui dasar penempatan tulisan mengenai 5 W + 1 H, dilanjutkan sesama peserta saling mewawancarai dengan Tema Siapa Dia.

” Belajar menulis itu, ya menulis. Kalau teori saja tanpa praktek maka tidak sempurna. Hasilnya, setelah mereka saling wawancara, masing masing peserta sudah mampu menuangkan dalam bentuk berita, siapa sosok kawan mereka yang diwawancarai. Bahkan, lebih dari 40 persen sudah mampu membuat judul berita yang menarik untuk dibaca,” papar Sekretaris SPS Kepri yang siap kembali memberikan kemampuan menulis lebih lanjut.

Untuk meransang, peserta untuk menulis, Dedy memberikan trik, barupa bonus pulsa bagi peserta yang tulisan enak dibaca. Semoga pelatihan ini, juga diikuti oleh sekolah sekolah SMU atau SMK lain di Kepri.

“Karena dengan menulis, kedepan siswa akan mempu mengembangkan diri, bauik sebagai penulis sendiri, maupun lebih lanjut menjadi konten kreator,” akhir Dedy Suwadha.(*/redaksi)

FANINDO

Honda Capella